Home » » Eksistensi Pencinta Alam

Eksistensi Pencinta Alam

Salam Lestari...!!!


Organisasi Pecinta Alam merupakan sebuah sarana kepemudaan yang berwawasan inovatif, mempunyai kreatifitas dan juga mencari dan mengembangkan talenta. Salah satu tujuan organisasi yaitu menghimpun generasi muda untuk beraktifitas positif dan bermanfaat serta sarana untuk mengembangkan minat dan bakat sesuai kemampuan.
Kemampuan itu tumbuh dari adanya keinginan yang kuat untuk mengetahui, mempelajari serta menekuni berbagai bidang yang dapat menghasilkan sebuah kreasi atau keterampilan. Keterampilan yang dimiliki generasi muda sekarang tentulah seiring dengan perkembangan zaman
Organisasi Pencinta Alam, mempunyai tujuan bersama-sama masyarakat dan pemerintah menjaga dan melestarikan alam dan lingkungan, selain itu Pecinta Alam juga bertujuan untuk mengkader para generasi muda agar memiliki fisik dan mental yang prima.
Organisasi Pencinta Alam lahir, tumbuh dan berkembang sebagai bentuk dorongan yang kuat untuk menunjukkan identitas dan jati diri serta eksistensi. Seorang pencinta alam yang telah tertanam didirinya karakter seorang petualang dan penyelamat lingkungan akan menunjukkan eksistensinya dalam segala aktifitas dan tindak tanduknya yang mencirikan dirinya sebagai pencinta alam sejati. Dalam diri seorang pencinta alam yang sadar akan tugas dan tanggung jawabnya benar-benar akan mewujudkan semuanya dalam bentuk aktiftas dan orientasi pribadinya sebagai manifestasi individu yang berkecimpung di dunia kepecinta alaman.
Untuk itu generasi muda sekarang dituntut untuk memiliki motivasi, baik itu untuk menumbuhkan karakter mental dan kekuatan fisik terlebih lagi kegiatan yang berorientasi di alam terbuka. Organisasi pencinta alam merupakan wadah berkumpulnya para generasi muda untuk melakukan segala aktivitas alam terbuka yang tetap mengedepankan kelestarian lingkungan hidup.
Dalam kaitannya tersebut sebuah organisasi kepemudaan yang bergerak di bidang kepencintaalaman mencoba memeberikan solusi dengan jalan melakukan pengkaderan generasi muda di bidang kepencinta alaman, dimana nantinya dapat menjadi agen pembaharuan yang secara proaktif bersama-sama masyarakat dan seluruh elemen untuk menjaga dan melestarikan lingkungan serta mencari solusi terhadap permasalahan lingkungan hidup.
Untuk mewujudkan itu semua diperlukan proses yang tidak instant. Membutuhkan langkah-langkah komprehensif dalam menggerakkan seluruh pelaku kehidupan untuk bertindak bijaksana terhadap segala bentuk kegiatan pengelolaan alam.

Dalam pandangan masyarakat awam, aktiftas yang sering dilakoni para penggiat alam terbuka sering menjadi pertanyaan. Buat apa mereka Mendaki Gunung, Memanjat Tebing, Menelusuri Goa dan yang lainnya ? Apa mencintai alam sudah seperti itu caranya ?
Jika seorang petualang yang sering mengembara dan memaknai setiap langkah yang dilewatinya tentunya dengan mudah pertanyaan tersebut akan terjawab. Berbeda dengan seorang petualang yang mendaki gunung hanya mengejar target puncak lalu turun kembali. Sungguh kegiatan itu hanya menyisakan lelah dan rasa sakit.
Bermain dialam terbuka bagi seorang yang mampu memaknai setiap langkah yang dilalui, setiap tarikan nafas yang berhembus tentunya memberikan banyak jawaban atas pertanyaan yang kadang belum diajukan. <BERSAMBUNG>