Home » » Wisata Air Panas Wawolesea, Konawe Utara - Sulawesi Tenggara

Wisata Air Panas Wawolesea, Konawe Utara - Sulawesi Tenggara

Wisata Air Panas Wawolesea, Konawe Utara

Sulawesi Tenggara memiliki banyak tempat wisata alam yang unik dan menarik perhatian banyak orang. Salah satunya yang terdapat di Kabupaten Konawe Utara. tempat ini adalah wilayah pesisir yang menghasilkan air panas yang berasal dari dalam perut bumi. Selamat datang di Permandian Air Panas Wawolesea.
Berbicara mengenai pesona destinasi wisata di Indonesia tidak akan pernah ada habisnya. Salah satunya Pemandian Air Panas Wawolesea ini. Dari kota kendari harus menempuh dengan jarak sekitar 80 km atau 1,5 jam perjalanan

Suasana yang masih alami dengan suasana pesisir sangat tepat untuk merilekskan seluruh tubuh dan pikiranmu dari padatnya serta penatnya aktivitas sehari-hari akan berubah membuat kita menjadi segar kembali. Kawasan ini ditumbuhi banyak pohon pinus yang menambah suasana segar dan sejuk.
Pemandian air panas ini salah satu destinasi wisata alam pegunungan terpopuler yang terletak di Desa Wawolesea, Kec. Lasolo, Kab. Konawe Utara, Sulawesi Tenggara.

Karena letaknya berdampingan dengan laut. air panas Wawolesea ini rasanya asin, sensasi yang muncul tentu akan berbeda dengan tempat wisata air panas yang lain. Pesona air panas yang luas membentuk seperti terasering persawahan secara alami menjadi pesona utamanya.
Walaupun airnya tidak terlalu jernih, kita tidak perlu khawatir untuk mencoba sensasi berendam di Pemandian Air Panas Wawolesea ini. Karena air tersebut memang dikeluarkan langsung dari perut bumi dan terus-menerus mengalir, sehingga dalam kebersihan air akan tetap terjaga.

Keindahan yang diciptakan di Pemandian Air Panas Wawolesea ini tidak akan membuatmu pergi begitu saja. Ketika kamu sudah puas menikmati pemandian air panasnya kamu dapat ke atas bukit tepat sebelah timur tempat pemandian ini.
Warna biru dan putih kapur yang bercampur menjadi satu seperti keindahan panorama pemandangan di laut bisa kamu nikmati. Selain itu jika kamu beruntung, kamupun dapat melihat kehadiran hewan-hewan yang kerap tinggal di sekitar pohon-pohon pinus yang mengelilingi tempat ini seperti rusa, burung, dan monyet.

Bukan hanya karena pesona alamnya yang indah saja, namun salah satu alasan tempat ini menjadi populer karena banyaknya manfaat yang dapat diterima oleh tubuh sesudah berendam di pemandian ini. Adanya kandungan belerang aktif di dalam airnya dipercaya mampu menyembuhkan segala penyakit kulit.
Untuk menuju ke pemandian ini ada beberapa alternatif, dilansir dari indonesiatraveler.id, jika dari. Namun, apabila dari kabupaten Konawe Utara atau Kecamatan Wanggudu harus menempuh perjalanan sekitar 20 km.

Kawasan wisata ini cukup mudah dijangkau, karena banyaknya angkutan umum yang tersedia. Waktu tempuh yang dibutuhkan adalah sekitar 2 jam. Lamanya perjalanan akan terbayar dengan pesona yang indah di wisata Pemandian Air Panas Wawolesea ini.
Jika kamu ingin menghabiskan waktu liburanmu dengan wisata yang menawarkan pemandian air panas yang alami dengan bentuk yang berundak-undak seperti pemandian air panas di Turki, Italia, dan negara lainnya

Berada di antara perbukitan kapur, ratusan mata air membentuk gelembung seolah mendidih, dan tiada hentinya memuncratkan air panas dari perut bumi. Meski terpisah dengan lautan, air di tempat ini rasanya asin dan mengeluarkan aroma belerang.
Tempat itu bernama permandian air panas Wawolesea, kerap disebut Wales, salah satu destinasi wisata populer di Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra). Lokasinya tepat berada di Desa Wawolesea, Kecamatan Wawolesea, Konawe Utara.

Air panas Wawolesea membentuk sebuah sumur yang mengalir ke kolam-kolam menyerupai sengkedan persawahan, makin menambah indahnya pemandangan. Dasar kolam-kolam yang tersusun dari bebatuan kapur itu berwarna putih memantulkan cahaya. Jika beranjak sedikit lebih jauh, mata akan disuguhi pemandangan gradasi air yang membiru.
Permandian ini berjarak sekitar 18 kilometer dari arah Wanggudu, ibukota Konawe Utara. Begitu memasuki kawasan air panas Wawolesea, deretan puluhan pohon pinus yang berjejer rapi bakal menyejukkan pandangan, apalagi ditambah hembusan angin sepoi-sepoi. Sungguh penat tak akan begitu terasa.

Masyarakat di sekitar permandian ini meyakini air panas Wawolesea berkhasiat menyembuhkan penyakit kulit. Mereka tidak hanya memanfaatkannya sebagai tempat rekreasi dan melepas penat, tapi juga alternatif untuk berobat.
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konut pun terus memoles permandian air panas Wawolesea dengan menambah fasilitas agar para pengunjung dapat menikmati objek wisata ini dengan nyaman. Seperti kolam-kolam kecil tempat berendam para pengunjung, gazebo dengan ukuran bervariasi, serta jalan setapak yang mengarahkan pengunjung ke lokasi kolam permandian

Nah...Itu dia perjalanan kita di permadian Air Panas Wawolesea. Semoga bermanfaat dan menambah wawasa. Terima Kasih. Sampai Jumpa 

No comments:

Post a Comment

Flag Counter