Home » , , » "Seberkas" Pasir di Pesisir Muara - Pantai Nambo Kendari

"Seberkas" Pasir di Pesisir Muara - Pantai Nambo Kendari

WISATA ALAM "PANTAI NAMBO"
KENDARI, SULTRA
 
 
KENDARI, Bumi Anoa merupakan julukan dari Provinsi Sulawesi Tenggara. Sebuah daerah di Tenggara Sulawesi yang kian menggeliat dengan sajian pariwisatanya yang terus dikembangkan dan diekspose ke khalayak. Kota Kendari merupakan Ibu Kota dari Provinsi ini. Kota yang terletak didalam teluk ini, dibatasi oleh pesisir yang berhadapan dengan perairan. Meskipun tak seperti pesisir yang berhadapan dengan laut lepas, beberapa kawasan pantai di dalam teluk kendari tidak kalah indahnya dan menampilkan panorama pantai dan pemandangan laut yang menenangkan hati.
Di selatan Kota Kendari, tepatnya berada di muara Teluk Kendari, terbentanglah pesisir pasir putih dengan riak-riak ombak tipis. Tepi pantai sejauh 300 Meter ini dikenal dengan nama Pantai Nambo. Secara Administratif, letaknya berada di Kel. Nambo, Kec. Abeli, Kota Kendari. Disinilah anda akan menikmati suasana pantai yang terdapat di dalam Kota. Cukup unik bukan..?!?!. Inilah Pantai Nambo, sebuah "ruang" rekreasi alam yang diapit oleh kawasan pemukiman penduduk.
Menikmati Semilir Angin di Pantai Nambo
Ditengah semakin meluasnya pembangunan perkotaan di Kendari, kawasan wisata yang terletak dalam kota tetap menjadi prioritas untuk terus dikembangakan. Seiring dengan bertambahnya kawasan pemukiman dan pusat bisnis di Kota Kendari, tempat-tempat rekreasi tidak “tersisih” dari gerak pembangunan. Sarana-sarana hiburan dan tempat berkumpul masyarakat wajib tersedia di tengah laju aktivitas masyarakat yang disaat-saat tertentu membutuhkan tempat untuk rekreasi
Menikmati Suasana Pantai Nambo
Pantai Nambo salah satunya…!! Meski berada tidak jauh dari pusat keramaian, Pantai ini tetap memberikan suasana alam yang tidak berbeda dengan suasana pantai lain yang jauh dari keramaian kota. Semilir angin dan deru ombak masih terus mewarnai pandangan saat menghabiskan hari di tempat ini. Ratusan orang masih terus berdatangan setiap minggunya untuk menikmati kehangatan air laut dan kelembutan pasirnya.
Menikmati Suasana Pantai Nambo
Perjalanan ke Pantai Nambo hanya membutuhkan waktu 45 menit dari Bandara Halu Oleo Kendari. Perjalanan ke lokasi ini pun akan dilalui dengan jalur aspal mulus menuju ke arah timur Kab. Konawe Selatan. Tidak begitu sulit untuk menuju ke lokasi karena hanya ada satu jalur untuk menuju kesana. Lokasi pintu gerbang pantainya pun berada tepat di depan jalan utama ke Kab. Konawe Selatan.

 Lokasi Pantai Nambo Kendari

Iring-iringan kendaraan biasanya akan padat saat akhir pekan utamanya hari sabtu dan minggu. Kendaraan yang mengangkut rombongan keluarga atau muda mudi yang berkendara motor, mulai memadati area parkir yang cuku luas disediakan oleh pengelola. Tarif masuknya cukup Rp. 15 ribu untuk Mobil dan Rp. 5 ribu untuk sepeda motor
Bercebur di Kehangatan Air Laut Pantai Nambo
Seperti halnya pantai pada umumnya, berbagai kesenangan dapat pengunjung lakukan di tempat ini. Berenang, bermain pasir, bermain bola air, berkejar kejaran, dan banyak kesenangan lainnya yang spontan orang lakukan saat melihat teduhnya biru laut ini.
Disekitar Pantai Nambo terdapat beberapa pemukiman yang berada dipesisir pantai. Sebagian besar adalah warga suku bajo yang sudah puluhan tahun mendiami lokasi tersebut. Sektor perikanan merupakan sumber kehidupan mereka. Ini terlihat dari banyaknya sampan dan perahu kecil yang lalu lalang disekitar perkampungan bajo tersebut.
Bersantai di Kelembutan Pasir Pantai Nambo
Sebelum dipoles menjadi kawasan wisata seperti saat ini, dahulunya kompleks pesisir ini merupakan pantai bakau. Ini masih terlihat dari beberapa sisa sisa tanaman bakau di sisi ujung pantai. Singkat cerita, tanah-tanah warga yang berada di sisi pantai ini dibeli oleh investor untuk dijadikan kawasan wisata seperti yang disaksikan saat ini. Belakangan pemerintah kota kendari ikut andil dalam pemngembangan dan penataan kawasan pantai, karena Pantai Nambo merupakan satu satunya pantai yang berpenampilan wisata yang masih tersisa di wilayah Kota Kendari.
Pantai Nambo Kendari
Meskipun berada dalam lingkaran pesisir teluk kendari, namun kondisi lingkungan dan air lautnya tidak terpengaruh oleh aktivitas perkotaan yang biasanya terdampak oleh buangan limbah. Posisi pantai Nambo berada di muara teluk kendari, sehingga kondisi alamnya mengikuti siklus laut lepas yang berada didepannya.
Sebagai objek wisata unggulan di kota kendari, fasilitas penunjang sudah disiapkan oleh pengelola. Terdapat area parkir kendaraan yang cukup luas dan dapat menampung puluhan mobil dan ratusan motor. Sarana beristirahat seperti kasebo dan villa juga disipakan disini. Musholah, Kamar mandi, WC dan Taman bermain telah disediakan juga oleh pengelola.
Masyarakat setempat, mendapatkan manfaat dari kehadiran ratusan orang setiap minggunya. Aneka jajanan, warung makan dan minum berada tidak jauh dari deretan kasebo dan villa. Para pengunjung tidak perlu repot-repot membawa bekal dari rumah, semua kebutuhan makanan siap saji disediakan oleh pemilik warung. Secara tidak langsung.. kita sudah membantu perekonomian mereka yang memang sangat bergantung dengan kehadiran pengunjung pantai ini.
Pantai Nambo selalu menantikan kehadiran anda, untuk menapaki kelembutan pasirnya.....

Penulis : Muhammad Dagri Nizar
 

 Video Pantai Nambo
 

1 comment:

  1. woow...pantainya indah banget.....semoga tetap terjaga dan tidak tercemar...

    ReplyDelete

Flag Counter