Home » , , » 100 Langkah Menuju Samudera - Pantai Tamborasi Kolaka

100 Langkah Menuju Samudera - Pantai Tamborasi Kolaka

KOLAKA, Sulawesi Tenggara menyimpan begitu banyak potensi sumber daya alam yang bernuansa wisata. baik itu dari wilayah kepulauan sampai ke wilayah daratan. Lautan dan pegunungan seakan masih menjadi misteri untuk terus diketahui segala daya tariknya. Panorama pantai dan lautan selalu mengundang ketetarikan banyak orang.

Peta Pantai Tamborasi

Kab. Kolaka sebagian besar merupakan bentangan pegunungan yang hampir menjangkau seluruh wilayahnya. Sebagian besar potensi alam lebih difokuskan pada sector perkebunan. Padahal wilayah ini memiliki garis pantai sejauh ratusan kilomemeter yang berbatasan langsung dengan teluk bone. Potensi kelautan tentunya akan banyak ditemukan di wilayah ini seiring dengan terbukanya akses beberapa wilayah terpencil dipesisir. Salah satunya adalah Pantai Tamborasi dengan Mata Air dan telaganya.
Muara Sungai Tamborasi
Wisata alam menjadi pilihan yang objektif dengan melihat sumber daya alam wisata yang tersedia. Salah satunya adalah wisata laut yang mudah ditemukan dan ekonomis bagi masyarakat. Kurang lebih 255 km dari kota kendari ke arah utara, terdapat sebuah tempat wisata yang belakangan populuer oleh karena keunikannya.Bentangan tebing-tebing menjulang tinggi bermuara pada sebuah mata air jernih, tak jauh dari lepas pantai.

SEKILAS TENTANG LOKASI
Tamborasi adalah nama sebuah desa di Kec. Wolo, Kab. Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara. Untuk mencapai lokasinya, dibutuhkan waktu berkendara 2 jam dari Kota Kolaka dengan menyusuri jalan aspal mulus disepanjang jalur pantai barat Kab. Kolaka. Sejak tahun 2010, objek wisata ini mulai menjadi primadona warga di Kab. Kolaka dan Kab. Kolaka Utara.
Tebing dan Telaga Sungai Tamborasi
Dahulunya belum ada akses darat ke tempat ini. Kala itu transportasi masih terputus sebelum lokasi pantai ini, yang disesbabkan oleh tebing-tebing menjulang yang membatasi pesisir. Jalur penghubung masih menggunakan perahu kecil untuk menjangkau wilayah di Kolaka bagian utara yang sekarang sudah menjadi Kab. Kolaka Utara.
Namun kini, akses jalan sudah bukan menjadi masalah lagi. Seiring dengan laju pembanguan. Wilayah pesisir kolaka sampai ke perbatasan sudah terhubung dengan aspal mulus. Tebing-tebing yang tadinya membatasai pesisir, dengan bantuan teknologi, kini sudah tak menghalau lagi bentangan jalan aspal yang meliuk liuk membelah kawasan bukit batu tersebut.

Pemerintah Daerah Kab. Kolaka semakin mempercantik kawasan wisata ini. beberapa fasilitas sudah disiapkan pengelola seperti tempat parkir, jalan setapak, kasebo, sarana MCK, dll. Kepadatan pengunjung akan terlihat saat akhir pekan. ratusan orang akan memadati seluruh area pantai. lokasi parkiran pun sesak oleh kendaraan pengunjung yang terparkir.

Sebagai daeerah yang berhadapan dengan laut lepas tentunya potensi wisata bahari akan sangat mudah ditemukan. bentangan pantai yang memanajang menjadikan Kab. Kolaka sebagai wilayah yang memiliiki potensi kelautan dan pariwisata.

PANORAMA ALAM
Mata Air Sungai Tamborasi
Tebing menjulang yang beralaskan kejernihan air menjadi tampilan utama tempat ini. dari bawah kaki tebing, keluarlah gelembung air yang kemudian membentuk sebuah aliran air. Bagai sebuah danau air tawar, disinilah air dari bawah tebing itu tertampung sebelum mengalir ke sungai.
Telaga Sungai Tamborasi
Murni dan Jernih…..itulah yang dapat dirasakan saat menyentuh permukaan airnya. Dingin dan sejuk ditambah lagi dengan hembusan angin laut menambah suasana kedamaian bagi siapa saja yang berada disini.
Kejernihan Mata Air Sungai Tamborasi
Gelembung arus dari celah kaki tebing tidak henti-hentinya mengeluarkan ratusan kubik air setiap harinya. Entah darimana air ini berasal, padahal wilayah ini didominasi oleh batu dan jauh dari sungai. Melihat dari bentuknya, besar kemungkinan ada aliran sungai di bawah bentangan tebing-tebing yang secara alamiah terbentuk celah yang berada di pantai. Celah inilah yang menyemburkan air layaknya sebuah mata air dari dalam tanah. 
KEUNIKAN
Mata Air di Bawah Tebing Tamborasi
Lokasinya berada di bawah tebing yang berhadapan dengan air laut. spot utamanya yaitu sebuah mata air yang muncul dari bawah tebing lalu membentuk sungai. panjang sungainya hanya sekitar 20 Meter dengan Lebar 15 Meter, lalu berhadapan dengan lautan lepas. Keunikan objek wisata ini dijuluki Sungai Terpendek di Dunia dengan nama Sungai Tamborasi.
Merasakan Kejernian Air Sungai Tamborasi
Sungai Tamborasi memiliki keunikan yang jarang dijumpai di tempat lain. Titik mata airnya hanya berjarak dekat dari muara sungai. Rasa air sungainya pun tetap tawar meskipun berhadapan dengan samudera yang luas. Hamparan pasir putih membatasi di kedua sisi aliran sungai dari mata air. Selain sebagai pembatas sungai, pasir ini juga membatasi daratan dan lautan sehingga disebutlah pantai.
Jernih dan Murni...Air Sungai Tamborasi
Seakan seperti mukjizat yang diberikan sang pencipta dapat menemukan mata air di antara himpitan-himpitan tebing. Airnya terus memancar tak mengenal waktu. Berjuta-juta kubik telah dihasilkan oleh celah kaki tebing ini. Begitu bening dan jernih sehingga dasar telaga dapat terlihat oleh kasak mata. Raga ini pun tak sabar ingin menyembur kedalamnya dan merasakan kesejukan dan kemurnian airnya.
Sungai Tamborasi yang Berhadapan dengan Laut Lepas
Hal tersebutlah yang menarik minat pengunjung untuk terus bertandang kesini. jika hanya ingin melihat atau berenang di pantai, pasti banyak tempat untuk menemukannya Tapi, karakteristik pantai seperti ini, tentulah orang pasti akan penasaran untuk melihat langsung bentuknya.

POTENSI WISATA  
Sungai Tamborasi
Sebagai spot wisata alam yang sudah terkelola, Pantai Tamborasi sudah didaulat menjadi salah satu ikon pariwisata di kolaka. Letaknya yang sangat strategis sehingga pembangunan kawasan pantai tamborasi terus digiatkan oleh pemerintah daerah setempat. Ratusan oran dipastikan akan berkunjung di tempat ini setiap minggunya. pada musim liburan jumlah pengunjung bahkan bisa mencapai ribuan orang.
Sungai dan Tebing Tamborasi
Kondisi demikianlah yang dapat juga menggerakka roda perekonomian masyarakat setempat. puluhan kios mulai ramai didirikan disekitar kawasan. Beberapa penginapan juga mudah ditemukan ditempat ini. karena berada di jalur utama Trans Provinsi, maka tidak heran puluhan kendaraan baik yang sedang maupun kendaraa besar sering terlihat mangkal di sisi jalan dekat dengan kawasan pantai. para sopir dan penumpang selalu menjadikan kawasan ini sebagai rest area. Puluhan warung makan tak henti-hentinya sibuk melayani para penumpang kendaraan luar kota yang singgah beristirahat. aneka menu sea food dapat dipesan diwarung-warung tersebut.
Menikmati Kesejukan Sungai Tamborasi
Melihat kondisi diatas, sudah mencerminkan keberadaan kawasan wisata yang bisa memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat sekitar. Pengelolaan Pantai Tamborasi mesti dikerjakan secara profesional dengan mengedepankan kenyamanan pengunjung. Animo masyarakat akan terus bertambah jika mendapatkan kesan yang baik saat berkunjung di tempat ini. nilai natural dan keunikan yang harus terus dijaga dan dilestarikan oleh semua pihak....
Ayooo...Tunggu Apa Lagi....!!! 
Nikmatilah Panorama dan Keunikan Sungai Terpendek di Dunia...!!!

Penulis : Muhammad Dagri Nizar

No comments:

Post a Comment

Flag Counter