Home » , , » Deburan Ombak di Timur Konawe - Pantai Batu Gong

Deburan Ombak di Timur Konawe - Pantai Batu Gong

PANTAI BATU GONG
KONAWE, SULAWESI TENGGARA

KONAWE, Wisata alam sangat identik dengan laut, baik sesuatu yang ada di dasar laut maupun yang berada di permukaan. Berbicara tentang laut, yang terbesit di benak kita adalah pantai pasir putih yang dipenuhi oleh nyiur melanbai dengan desiran angin. Ombak yang bergulung-gulung ke tepian, lalu lalang perahu nelayan serta ratusan ekor burung yang mewarnai susana pantai. Sepertinya sudah itulah gambaran pantai yang orang awam ketahui. 

 Lokasi Pantai Batu Gong

Pastilah sebagian besar semua orang sudah pernah ke pantai baik untuk piknik, melaut ataupun melepas penat. Sebagai Negara maritim dan kepulauan, pantai pastilah sesuatu tempat yang mudah dijumpai. Dimanapun kita berkeliling di negeri ini, akan sangat mudah menemukan pantai. Pantai pun bervariasi dari bentuknya, dari Pantai tebing, pantai bakau, dan pasir. Masing-masing tentunya memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri jika dikelola dengan baik.
Pantai Batu Gong, Konawe, Sultra
Di Provinsi Sulawesi Tenggara memiliki bentangan pesisir yang sangat panjang. Kawasan pesisir itu bervariasi antara pantai tebing, pantai bakau dan pantai pasir. Di Seluruh wilayah Sultra, merupakan surganya pantai. Bagaimana tidak dari wilayah kepulauan sampai daratannya, pantai pasir banyak membatasi daratan dan lautan. Salah satu pantai yang sudah memiliki nama dan sangat familiar ditelinga masyarakat Sultra, khusunya masyarakat di wilayah Kota Kendari dan Kab. Konawe yaitu Pantai Batu Gong.

Pantai Batu Gong, Konawe, Sultra
Terletak diujung timur Kab. Konawe, Prov. Sultra dan berjarak 20 Km dari Kota Kendari. Akses ke tempat ini sangat dekat dari Kota Kendari ketimbang dan ibukota Kabupaten Konawe yaitu Kota Unaaha yang berjarak 90 Km. Kec. Lalonggasumeeto merupakan satu dari tiga kecamatan di Kab. Konawe yang memiliki pantai yang berbatasan dengan laut lepas. Ketiga kecamatan tersebut pun lokasinya sangat dekat dengan Kota Kendari sehingga aktifitas ekonomi warganya lebih dipengaruhi oleh dampak aktiftas Kota Kendari.
Pantai Batu Gong, Konawe, Sultra
Pantai ini memanjang sejauh 3 Km yang mencakup beberapa wilayah di Desa Batu Gong, Kec. Lalonggasumeeto dan Desa Tombawatu, Kec. Kapoiala. Oleh karena itu pengelolaan pantai ini dilakukan oleh dua desa tersebut yang masing-masing memiliki pintu masuk tersendiri. Tidak ada perbedaan tujuan, kedua pintu ini mengarahkan pengunjung ke pantai yang sama. Lokasi pantai ini menghadap ke laut lepas dan berhadapan langsung dengan laut banda, sehingga pada musim tertentu tinggi ombaknya diatas kondisi normal.
Pantai Batu Gong, Konawe, Sultra
Seolah tidak pernah sepi dengan aktiftas pengunjung setiap harinya, utamanya disaat akhir pekan tiba. Iring-iringan kendaraan roda dua dan roda empat mulai memadati jalur menuju ke lokasi pantai. Meskipun akses ke tempat ini jalannya kurang lebar dan banyak titik-titik yang rusak, namun tidak menyurutkan animo pengunjung untuk bertandang kesini. Karena letaknya dekat dengan Kota Kendari, maka pantai ini menjadi alternatif bagi warga kota untuk menghabiskan akhir pekannya.
Pantai Batu Gong, Konawe, Sultra
Untuk berkunjung ke Pantai Batu Gong ini dari Kota Kendari, dibutuhkan waktu sekitar 20 -30 Menit. Hanya terdapat satu akses jalan untuk menuju ke lokasi dan jalur jalannya tidak searah ke Kota Unaaha. Wilayah Pantai Batu Gong ini terletak di sebelah barat laut Kota Kendari. Sesungguhnya di wilayah Kecamatan Soropia dan Kec. Lalongasumeeto terdapat beberapa objek wisata yang juga recomended untuk disambangi seperti, Pantai Toronipa, Bendungan Cek Dum, Pulau Bokori, Bintang Samudera dan beberapa objek wisata lainnya. Kesemuanya dapat menjadi pilihan bagi anda untuk berkunjung tentunya setelah mengunjungi Pantai Batu Gong ini.
Bersantai di Kasebo Pantai Batu Gong
Perjalanan ke lokasi melewati jalan aspal yang sempit dan terdapat beberapa titik yang rusak dan bergelombang. sepanjang jalan dipenuhi oleh kawasan pemukiman yang cukup ramai. Sepanjang pemukiman ini, kita sudah berada di ujung wilayah perbatasan Kota Kendari dan Kab. Konawe. Saat sudah memasuki jalur menanjak yang disekelilingnya dipenuhi hamparan padang rumput menandakan anda sudah berpindah wilayah ke Kab. Konawe yang ditandai dengan sebuah Pintu Gerbang Perbatasan. Perjalanan kemudian diteruskan dengan jalur yang banyak menurun. beberapa menit kemudian akan tampat wilayah pesisir pantai yang terlihat dari kejauhan. perjalanan perlahan akan mulai menurun lalu mengikuti petunjuk jalan, sampai akhirnya anda akan tiba di Pantai Batu Gong
Bersantai di Kasebo Pantai Batu Gong
Sebagai salah satu objek wisata andalan di Sulawesi Tenggara, khususnya bagi warga Kendari, fasilitas pendukung pun disiapkan oleh pengelola dan terus dibenahi untuk memberikan kepuasan dan kenyamanan bagi para pengunjung di Pantai ini. Puluhan kasebo berderet manis dan rapi di bawah rindang pohon kelapa dan pohon ketapang. Kasebo ini disediakan oleh pengelola dan masyarakat setempat untuk disewakan.
Bersantai di Kasebo Pantai Batu Gong
Tarifnya pun cukup terjangkau. Hanya dengan Rp. 50 rb saja anda sudah bisa menggunakan kasebo ini seharian, apalagi saat berkunjung bersama seluruh keluarga, kasebo pastilah dibutuhkan untuk menampung barang-barang bawaan dan tempat istirahat. Luas kasebo ini cukup memadai bagi pengunjung rombongan, apalagi yang membawa perlengkapan dan perbekalan makan minum.
Bersantai di Kasebo Pantai Batu Gong
Tidak jauh dari deretan kasebo, terdapat puluhan warung yang menyediakan aneka jajanan. Warung kopi dan makanan siap saji juga banyak terdapat ditempat ini. Selain itu para pedangang keliling biasanya mampir di tiap-tiap kasebo untuk menawarkan dagangannya.
Bersantai di Kasebo Pantai Batu Gong
Bermacam-macam jenis kue dan makanan dijajakan oleh pedagang keliling ini seperti, gorengan, jagung, gogos, telur masak, keripik, es kelapa dll. Jadi bagi para pengunjung yang tidak membawa bekal, cukup membawa uang saja ke pantai ini. Semuanya sudah tersedia dan harganya tidak mahal. Hitung-hitung kita sudah membantu perekonomian warga setempat.
Aktfitas Nelayan di Pantai Batu Gong
Terpaaan angin timur serasa menyambut kedatangan anda saat sudah melewati pintu gerbang Pantai Batu Gong. Desiran riak-riak gelombang silih berganti saling berkejaran sampai ke tepi pantai, kibas-kibasan pelepah nyiur menahan hempasan angin memberi kesan sambutan saat anda menginjakkan kaki di pantai ini.
Pantai Batu Gong
Sepanjang mata memandang kedepan, hanya ada lautan lepas yang membiru. Bibir pantai yang berpasir putih, mengundang siapa saja untuk berpijak merasakan kelembutannya. Sesekali beberapa perahu nelayan bersandar ketepian untuk membawa hasil tangkapan. Puluhan bocah-bocah terlihat bergembira ria saat berkejar-kejaran diatas permukaan pasir ini. Sungguh sebuah perpaduan panorama alam yang memanjakan mata.
Aktfitas Nelayan di Pantai Batu Gong
Saat kondisi air pasang, riak ombaknya cukup memberikan tantangan. Bagi yang bernyali, bisanya mereka mencoba berseluncur dengan papan seadanya. Terpaan obaknya cukup untuk mendorong beban sampai ketepian. Meskipun tidak sebesar ombak pantai-pantai yang sering digunakan untuk berseluncur tapi sepertinya sudah cukup untum memberikan tambahan aktiftas pengunjung di pantai ini. Anda juga bisa berenang seperti biasa. Puluhan pelampung seperti ban dan baju pelampung banyak disewakan juga di tempat ini.
Perahu Nelayan di Pantai Batu Gong
Sebagai daerah kunjungan wisata, karaktersitik masyarakat menjadi faktor yang akan memberikan kenyamanan bagi pengunjung. Masyarakat setempat terkenal ramah dan santun dalam menyembut siapapun yang bertandang ke Pantai ini. Kearifan lokal masyarakat setempat tetap terjaga dan menjadi simbol kenyamanan sehingga mampu memberikan daya pikat bagi orang-orang yang sudah pernah mengunjungi Pantai Batu Gong dan Kec. Lalonggasummeto
Sebagian besar masyarakat sekitar merupakan suku pribumi yang sudah turun temurun mendiami wilayah ini. Kec. Lalonggasumeeto didiami mayoritas suku tolaki. Mereka hidup tenteram dan damai bersama para pendatang lainnya seperti suku bugis makassar, suku bajo dan suku muna.
Nelayan dan perkebunan merupakan Penghasilan utama masyarakat di wilayah ini meskipun sebagian besar lainnya bekerja di beberapa perusahaan yang memang terdapat di Kec. Lalonggasumeeto. Karena dekat dengan Kota Kendari, banyak juga warga disini yang memilih bekerja dan mengadu nasib di Ibu Kota Provinsi tersebut.
Adat Istiadat suku tolaki sangat kental dan melekat bagi sebagian besar warga. Tata cara dan tradisi kebudayaan pada berbagai kegiatan masih memperlihatkan tradisi yang masih terpelihara sampai hari ini. Kita dapat menjumpainya saat momen acara penikahan dan kematian yang masih memegang teguh kebiasaan dan warisan para leluhur dalam setiap tata tertib penyelenggaraan acaranya.
Bersantai di Kasebo Pantai Batu Gong
Sudah puluhan tahun aktifitas wisata berproses di kawasan Pantai Batu Gong ini. keberadaan pengunjung yang setiap minggunya hadir disini tentunya memberikan dampak secara ekonomi bagi masyarakat sekitar. Masyarakat yang mendirikan warung dan tempat usaha tentunya sangat merasakan manfaatnya. Setiap minggunya omset dari dagangannya sudah mampu meningkatkan kesejahteraan keluarganya. Ini terbukti dari semakin bertambahnya warung-warung yang berderet serta bertambahnya dagangan warung mereka.
Menikmati suasana teduh di Pantai Batu Gong
Pemasukan retribusi pengunjung pun dapat terus meningkatkan penghasilan tempat ini. Jika dikelola dengan baik tentunya bisa lebih membenahi lagi fasilitas yang sudah ada sehingga kenyamanan pengunjung dapat terjamin dan memberikan kesan yang positif. Sangat diharapkan pihak pengelola pantai untuk dapat memelihara fasilitas yang sudah disediakan. Masih banyak yang perlu dibenahi seperti kebersihan dan kenyamanan. Namun semuanya kembali lagi kepada para pengunjung. Tanpa kerjasama dan pengertian para pengunjung, Pantai Batu Gong ini mungkin saja akan hilang perlahan daya tariknya. Fasilitas yang sudah ada agar tidak dicorat coret dan dirusakkan. Sampah agar dibuang pada tempatnya dan tidak dihamburkan terutama di laut.
Semoga Pantai Batu Gong semakin meberi daya pikat bagi pariwisata lokal di Sulawesi Tenggara khususnya di Kab. Konawe dan Kota Kendari. Semoga tulisan ini bermanfaat dan dapat menjadi referensi wisata anda saat berkunjung di Sulawesi Tenggara...

Penulis : Muhammad Dagri Nizar
Baca Juga :
Air Terjun Moramo Pantai Batu Gong Pantai Toronipa
Pulau Bokori Pantai Nambo Tebing Sawapudo
Hutan Lindung Wolasi Pantai Tamborasi Danau Biru

No comments:

Post a Comment

Flag Counter