Home » , , , » Deburan Ombak Menerpa Pasir di Sudut Nirwana Bau Bau

Deburan Ombak Menerpa Pasir di Sudut Nirwana Bau Bau

BAU BAU, Mengelilingi Kota Bau Bau seakan tidak habis-habisnya kita akan disugui spot-spot menarik yang bernuansa sejarah, wisata dan panorama alam. Semuanya dapat dijangkau hanya dengan dalam satu hari perjalanan saja. Jaraknya yang tidak begitu jauh membuat keseluruhan objek wisata tersebut dapat terkases dengan mudah terlebih lagi jalan fasilitas penghubung yang mulus dan banyaknya jalan alternative untuk menempuhnya.

 Peta Pantai Nirwana Bau Bau

Spot wisata yang sudah sejak lama dikenal dan menjadi salah satu ikon wisata di Kota Bau-Bau adalah Pantai Nirwana. Mendengar namannya saja, kita sudah bisa membayangkan jikalau disana itu serasa suasana surgawi yang bersih, teduh, nyaman, tenang, damai, panoramanya indah dan lautnya yang biru. Yah…!!..Namanya saja Nirwana, kita sudah bisa berangan-angan kalau disana itu seperti negeri di Surga. 
<<< Baca Juga : Bukit Wantiro Bau Bau >>>
Pantai Nirwana
Berjarak kurang lebih 13 Km dari Pelabuhan Murhum. Jalur aspal mulus akan menuntun anda menyusuri jalan ke arah selatan Kota Bau-Bau. Perjalanan normal akan di tempuh sekitar 25 Menit saja. Letaknya hampir berada di perbatasan Kota Bau Bau dan Kabupaten Buton Selatan. Pemandangan laut lepas disisi sebelah kanan dan beberapa pulau akan mulai terlihat saat sudah akan mendekati kawasan Pantai Nirwana.

Pantai Nirwana
Pantai Nirwana
Seperti halnya spot-spot utama lainnya di Kota Bau Bau, saat weekend lah waktu yang paling tepat untuk berkunjung ditempat ini dimana ratusan pengunjung akan memadati kawasan pantai. Tapi Pantai ini tetap terbuka lho kapan pun anda mau berkunjung. Beberapa resort dan penginapan akan dilewati disepanjang jalan terlebih lagi saat mulai memasuki wilayah Pantai Lakeba. Letak pantai ini berada sebelum Pantai Nirwana, yang juga merupakan Spot yang menarik untuk disambangi. 
<<< Baca Juga : Pantai Kamali Bau Bau >>>

Pantai Nirwana
Pantai Nirwana masih termasuk dalam wilayah Administrasi Kota Bau Bau, meskipun letaknya cukup jauh dari pusat keramaian Kota. Perjalanan ke tempat ini, kita akan melalui jalur trans kabupaten yang cukup ramai dilalui kendaraan yang akan menuju ke Ibukota Kabupaten Buton Selatan yaitu Kota Batauga. Arah petunjuk yang terdapat di sisi jalan akan menuntun anda untuk memasuki kawasan Pantai Nirwana kea rah sebelah kanan. Sebuah pintu gerbang dengan sebuah pos penjagaan menandakan anda telah memasuki kawasan pantai. Pengunjung akan dikenai tariff masuk sebesar. Rp. 10 ribu untuk Motor dan Rp. 20 ribu untuk Mobil. 
Pantai Nirwana
Akhirnya sampai juga kita di Pantai Nirwana. Suatu tempat yang membuat para Traveller penasaran akan cerita keindahannya. Suasana teduh dan rindang seakan menyapa kami saat menginjakkan kaki di putihnya pasir Pantai Nirwana ini. Deretan nyiur yang hampir ratusan jumlahnya. Puluhan Kasebo dengan beragam warna dan corak berbanjar rapi diapit oleh rimbun pohon-pohon ketapang. Tampak warung-warung makan dengan aneka jajanannya sedang sibuk melayani pesanan para pengunjung. Dari kejauhan terlihat sampan dan perahu-perahu kecil sedang parkir di tepi dermaga. Ohh…sungguh tak dapat kulukiskan semua suasana yang kurasakan saat itu.
<<< Baca Juga : Patung Ekor Naga Palagimata >>> 
Pantai Nirwana
Pantai Nirwana
Lokasinya berhadapan dengan laut lepas dengan pemandangan biru lautan. Pasir putih terhampar luas dan membatasi sisi pantai dengan lautan. Jernihnya air laut mengundang siapa saja untuk bercebur disana. Terlihat puluhan orang sedang asik-asiknya bergumul dengan riak-riak ombak tipis di hari yang akan sebentar lagi siang. Dari kejauhan sana, di laut lepas sana berdiri tegak dua Pulau yang memberikan latar panorama yang eksotik. Kedua pulau itu bernama Pulau Kadatua dan Pulau Siompu. Keduanya termasuk dalam wilayah Kabupaten Buton Selatan. Menurut informasi hampir ribuan warga mendiami kedua pulau tersebut.

Pantai Nirwana
Pantai Nirwana
Meskipun mentari sudah hampir pada posisi puncaknya, namun tetap sejuk saja yang kami rasakan disini. Semilir angin yang berhembus ditambah keteduhan pepohonan menambah suasana harmoni alam. Memandang jauh, mata akan semakin dimanjakan oleh keelokan pantai tebing yang membatasi kawasan pantai pasir Nirwana ini dengan beberapa resort dan cottage yang berada di atasnya. Puluhan Jetsky sedang diperagakan manuvernya oleh para instruktur handal. Beberapa orang terlihat sedang bermain kano dan mengitari jalur lintasan yang sengaja di buat tidak jauh dari bibir pantai.
<<< Baca Juga : Benteng Keraton Buton >>>

Pantai Nirwana
Menyusuri Pantai Nirwana
Lelah juga menyusuri bibir pantai yang hampir 1.5 Km panjangnya. Sebuah kasebo pun menjadi tempat peristirahatan kami sambil menikmati jagung rebus yang dijajakan oleh beberapa bocah-bocah warga sekitar. Tidak hanya jagung yang dijajakan, ada juga gogos, telur rebus, minuman dingin dan berbagai makanan lainnya. Bentuk dan ukuran kasebo ini didesain sederhana dan dapat menampung 6 – 8 orang. Adapun Tarifnya, cukup merogok kocek Rp, 50 ribu saja. Anda sudah bisa memiliki kasebo ini seharian.
Kasebo di Pantai Nirwana
Kasebo di Pantai Nirwana
Kasebo ini sengaja disediakan oleh pengelola dan masyarakat sebagai fasilitas beristirahat para pengunjung, apalagi yang datang berombongan bersama teman-teman dan keluarga. Saat weekend, dan hari libur, seperti sabtu dan minggu hampir seluruh kasebo terisi penuh. Ratusan orang mulai berdatangan saat menjelang petang di hari sabtu. Kebanyakan mereka sengaja datang untuk menghabiskan malam minggu di pantai dan kembali saat esok harinya. Waah. Pastinya ada keseruan yang berbeda jika semalaman berada di pinggir pantai, berkumpul bersama kawan, dan ditemani iringan gitar sambil membolak-balikkan ikan segar yang sementara di panggang…Wuuiihh.. Asyik Sekali..

Aktifitas Berenang di Pantai Nirwana
Aktifitas Berenang di Pantai Nirwana
Karena sudah menjadi salah satu spot wisata utama di Kota Bau Bau, sarana dan prasarana serta fasilitas pendukung senantiasa dibenahi oleh Pemerintah Kota dan pihak pengelola. Penataan dan tata letak kawasan pantai di tempatkan dengan posisi yang tepat sehingga akan memberikan keleluasaan dan kenyamanan pengunjung. Fasilitas jalan setapak, kasebo, warung-warung makan, parkiran, WC Umum sudah disedikan ditempat ini. Sarana ibadah yaitu Musholah jelas terdapat disini. Selain itu fasilitas untuk berenang juga disediakan seperti, baju pelampung, ban pelampung, alat snorkeling yang tentunya akan dikenakan biaya sewa. Tidak ketinggalan juga air bersih untuk membersihkan badan sehabis bermain di air laut yang disediakan di beberapa kamar mandi.
Pantai Nirwana
Hampir disetiap sudut di Pantai Nirwana ini berlatar panorama indah. Setiap sisi sangat layak menjadi tempat untuk mengabadikan gambar. Berlatar laut, pantai pasir putih atau pantai tebing ataupun latar lainnya tetap pas untuk dijadikan kenangan dan memoti saat anda bertandang kesini. Terlebih lagi saat menjelang sore tatkala mentari sudah perlahan turun diantara Pulau Kadatua dan Pulau Siompu, tepat dari arah depan Pantai Nirwana. Sungguh suasana yang sangat romantis yang berpadu dengan riak gelombang dan semilir angin pantai.

Pantai Nirwana
Sepertinya aku tidak ingin pulang saja....Mmmmhhh… Namun siang sudah perlahan memasuki sore. Kami sudah cukup lelah. Insya Allah di lain waktu lagi kami ada menyambangi tempat ini. sungguh suatu pengalaman yang menarik berada di tempat ini. Semoga saja Pantai Nirwana ini tetap seperti kondisi saat saya berkunjung hari ini. Indah, Elok, Nyaman, Rindang, dan bersih.
Pantai Nirwana
Semoga kawasan pantai ini tetap lestari dan terus dijaga sebagai titipan Allah SWT agar tetap bermanfaat untuk semua. Generasi mendatang pun tentunya ingin juga merasakan riak gelombang dan pasir putih seperti yang kami rasakan hari ini. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk para traveler yang akan berkeliling di Kota Bau Bau. Ayoo..!!! Tunggu Apa Lagi Guys….!!!
AYO Ke PANTAI NIRWANA Bau Bau..!!!!

Baca Juga :

Pantai Nirwana Pantai Kamali Bukit Wantiro
Benteng Keraton Bukit Waru Tomia Ekor Naga Palagimata
Benteng Patua Pantai HuntetePantai Lakota
Goa Tee Wali Pulau Tomia Pantai Hundue
Written by : Muh. Dagri Nizar
Posted by   : Yusniatin Saputri Rahim
Photo by    : Ery Wahyuni, Alvind Gustaman, Alyacisa, Wanarista

No comments:

Post a Comment

Flag Counter