Home » , , » Bukit Waru, Tomia, Wakatobi

Bukit Waru, Tomia, Wakatobi

BUKIT WARU, TOMIA
Bukit Waru, Tomia
__________________________________________________________________________________
__________________________________________________________________________________


Pemandangan Bukit Waru, Tomia, Wakatobi
Bukit Waru terletak di sebuah titik ketinggian di Pulau Tomia. Dahulunya tempat ini merupakan hamparan padang rumput yang luas. Batu kerikil tersebar di seluruh permukaan bukit ini. Seperti padang savanna yang pohonnya berjauhan letaknya. Panas terik terasa saat siang hari namun hembusan angin laut sesekali mengikis gerah.
Pemandangan lepas, bebas menghadap ke selatan samudera. Memandang jauh Pulau Binongko yang tegar berdiri membatasi gugusan kepulauan wakatobi. Bukit Waru menyuguhkan tampilan eksotik yang memukau dan memanjakan pandangan bagi siapapun yang berpijak di atasnya. Pandangan hijau rerumputan membentang menutupi hampir seluruh sisi barat pulau Tomia tampak dari sini. Kawasan pemukiman pun terlihat dari sini. Itu merupakan wilayah Usuku.
Padang Savana di Bukit Waru, Tomia, Wakatobi
Memandang ke sisi kanan  lereng bukit, tampak lintasan landasan pacu pesawat terbang. Dari arah barat samudera sebuah daratan kecil dengan banyak pohon kelapa sendirian ditengah laut. Itu adalah pulau Sawa. Salah satu tempat istimewa bagi penggemar wisata. Dulu pun orang sudah tergila-gila, Apalagi Sekarang..!? Dengan dipolesnya kawasan ini. Dengan tetap mempertahankan posisi dan landscape, tempat ini benar-benar berubah. Sebagai daerah kunjungan wisata, konsep yang disajikan tentunya bernilai pariwisata. Dengan background lereng bukit, lautan dan gugusan pulau, Bangunan yang didirikan memudahkan untuk melihat tampilan tersebut.

Bukit Waru, Tomia, Wakatobi
Bukit Waru terletak di punggungan Pulau Tomia di sebelah selatan yang berhadapan dengan Pulau Binongko. Pemandangan di tempat ini tidak bisa diragukan lagi. Tempatnya sangat terbuka bebas dengan pemandangan padang savanna yang membentang luas. Lautan lepas membiru didepan sana. Pegunungan dan pulau-pulau menghiasi pandangan siapapun yang berada di tempat ini.


Pelataran Bukit Waru, Tomia, Wakatobi

Spot utama di Bukit Waru adalah pilar-pilar yang membentuk huruf yang bertuliskan “TOMIA”. Latar inilah yang menjadi icon tempat ini. siapapun yang berkunjung dipastikan akan mengabadikan gambar berlatar tulisan ini. Kawasan ini luasnya sekitar 2 Ha. Terdapat puluhan Kasebo dibeberapa titik dan dihubungkan dengan jalan setapak. Beberapa pelataran dan tempat parkir juga disediakan disini.

Bukit Waru, Tomia

Wakatobi, Tourism
Bukit Waru, Tomia

Wakatobi, Tourism
Bukit Waru, Tomia

Wakatobi, Tourism
Bukit Waru, Tomia


Bukit Waru, Tomia

Bukit Waru, Tomia


Sepanjang hari tempat ini dipastikan tidak pernah sepi, sejak matahari terbit sampai terbenam pengunjung silih berganti berdatangan. Mereka datang berpasang-pasangan, berombongan bahkan bersepeda. Tempat ini mulai dipadati pengunjung saat menjelang sore hari. Iring-iringan kendaraan yang akan ketempat ini sudah mulai terlihat saat kita memandang jauh kearah bawah bukit, tepatnya dijalur jalan aspal. Apalagi saat akhir pekan, area parkir kadang sudah tidak mampu menampung kendaraan sehingga sisi jalan utama pun dipadati kendaraan yang parkir.


Selain pengunjung lokal, beberapa wisatawan domestik dan mancanegara terlihat juga di tempat ini. Meskipun jumlahnya tidak banyak namun kehadiran mereka sudah membuktikan bahwa pesona Pulau Tomia sudah terdengar ke penjuru dunia. Kedatangan para turis asing ke Bukit Waru telah memberikan kebanggaan tersendiri dimana secara tidak langsung telah menngangkat derajat objek-objek wisata di Pulau Tomia, khususnya Bukit Waru.


Dengan dibangunnya kawasan wisata Bukit Waru tentu telah banyak memberikan perubahan terhadap wajah sector pariwisata di Pulau Tomia. Sebagai salah satu Ikon wisata, keberadaan kompleks ini telah memberikan gairah dan kebanggaan. Oleh karena itu perlu komitmen yang kuat dari seluruh elemen masyarakat Tomia untuk menjaga dan melindungi seluruh asset-aset pariwisata yang telah ada. Apa yang telah dicapai oleh masyarakat Tomia saat ini merupakan hasil kerja keras dalam membangun citra Wakatobi dan Pulau Tomia serta promosi pariwisata yang gencar dilakukan. Kekayaan pariwisata yang telah dibangun diharapkan dapat dinikmati sampai puluhan generasi mendatang.
Pemandangan Laut dari Bukit Waru, Tomia
Posted by : 
Muh. Dagri Nizar & Labore Homestay, Tomia, Wakatobi
__________________________________________________________________________________
Bagi anda yang berminat untuk berwisata menikmati semua spot wisata di Pulau Tomia,Wakatobi.
LABORE HOMESTAY akan memfasilitasi PENGINAPAN dan TRAVELLING anda.