Home » , » Pura Tirta Empul - Bali

Pura Tirta Empul - Bali

PURA TIRTA EMPUL - BALI

Umat Hindu Bali terkenal dengan tradisi dan prosesi keagamaan yang turun temurun telah dilakukan sejak leluhur, hingga kini. Prosesi tersebut berupa ritual peribadatan yang dilakukan sebagai bentuk penghambaan terhadap penguasa alam semesta. Prosesi tersebut dilakukan dengan berbagai bentuk dan cara. Ini menunjukkan betapa besarnya makna dan nilai peribadatan Umat Hindu di Bali.

 Pura Tirta Empul

Di wilayah utara Kab. Gianyar terdapat sebuah pura suci yang berada di lereng pegunungan. Letak pura ini sangat istimewa karena berada di dekat aliran air sungai yang mengalir jernih. Bagi umat hindu, air sungai ini sangat disucikan dan dipercaya memiliki banyak khasiat untuk penyembuhan penyakit dan masalah-masalah kehidupan.
Air Pancuran di Pura Tirta Empul
Berdasarkan kisah, air suci ini berasal dari sebuah mata air yang konon Bhatara Indra menancapkan tombaknya dan Air Keluar Dari Tanah. Air Suci ini dipakai untuk memerciki para Dewa yang sebelumnya keracunan dari mata air yang sengaja dibuat oleh Mayadenawa sebagai pembalasan kepada Bhatara Indra yang menyerangnya akibat kesewenang-wenangannya terhadap rakyatnya yang melakukan upacara untuk memohon keselamatan dari para dewa. Singkat cerita, lokasi ini menjadi sebuah pura yang kini dikenal dengan nama Pura Tirta Empul yang berarti “Air Keluar Dari Tanah”
Pura Tirta Empul
Pura Tirta Empul terletak di Desa Manukaya, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali. Pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 2 jam dari Bandar Udara Ngurah Rai untuk sampai ke pura ini. Pura Tirta Empul merupakan salah satu tujuan utama dari tour wisata utama yang banyak direkomendasikan karena unik dan berbeda dari tempat ibadah lain di Pulau Bali. Selayaknya berada di tempat ibadah, para pengunjung disini wajib mengenakan sarung atau selendang yang disediakan khusus oleh pengelola saat memasuki pintu gerbang
Pura Tirta Empul
Pura Tirta Empul dibangun disekililing sebuah sumber mata air yang besar. Mata air tersebut berasal dari Sungai Pakerisan. Menurut informasi dari pengelola, Pura Tirta Empul terbagi menjadi 3 bagian; Jaba Pura (halaman depan), Jaba Tengah (halaman tengah) dan Jeroan (halaman dalam). Jaba Tengah terdiri dari 2 kolam dengan 30 pancuran yang diberi nama sebagai berikut: Pengelukatan, Pebersihan, dan Sudamala serta Pancuran Cetik (racun).
Pendirian Pura Tirta Empul, didedikasikan untuk Dewa Wisnu, sebagai dewa tertinggi Narayana. Banyak simbol-simbol religious yang terdapat di kawasan Pura Tirta Empul ini. Sebagai tempat peribadatan yang ramai dikunjungi wisatawan, Pura Tirta Empul didesain dengan penataan yang luas dan sejuk. Suasana rindang dan teduh sangat terasa saat memasuki kawasan pura. Selain karena letaknya yang berada di lereng pegunungan, keberadaan mata air dan pepohonan menambah menambah aroma segarnya udara di tempat ini.
Air Pancuran di Pura Tirta Empul
Daerah tampak siring sangat familiar dan terkenal di telinga wisatawan domestik dan mancanegara. Selain objek wisata, di tempat ini juga terdapat sebuah bangunan monumental yaitu Istana Tampak Siring. Letaknya berada diatas bukit disebelah Pura Tirta Empul ini. Sangat terlihat jelas begitu megahnya Istana Kepresidenan Tersebut.
Konon, pembanguan istana tersebut dikerjakan untuk kunjungan Presiden Sukarno ke Bali pada tahun 1954. Sehingga kini, bangunan tersebut dianggap sebagai salah satu Istana Kepresidenan seperti halnya Istana Bogor, Istana Cipanas, Istana Malioboro dan beberapa Istana Kepresidenan lainnya. Kini, bangunan tersebut menjadi salah satu asset Negara yang masih terjaga dan terpelihara. Hanya tamu-tamu kenegaraan saja yang diperkenankan masuk dan beristirahat sedangkan masyarakat umum hanya diperbolehkan melihat dari depan gerbang saja.
Air Pancuran di Pura Tirta Empul
Pada bagian yang bernama Jaba Tengah terdiri dari 2 kolam dengan 30 pancuran. Semua pengunjung diberi keleluasaan untuk berendam dan menikmati langsung air suci dari pancuran yang tersedia. Setiap orang akan bederet antri dari satu pancuran ke pancuran yang lain. Setiap pancuran memiliki makna tersendiri sehingga setiap orang akan membasuh dan membasahi wajahnya di setiap pancuran yang ada.
Kolam Ikan Mas di Pura Tirta Empul
Dengan nama Pura Tirta Empul tentunya mengandung makna sumber air yang melimpah. Maka tak heran disekeliling kawasan pura akan dijumpai banyak kolam dengan air yang jernih. Tidak itu saja, ratusan ekor ikan mas memenuhi seluruh kolam yang terdapat di pura ini. Ikan-ikan mas tersebut sangat diperhatikan. Itu terlihat dari ukurannya yang sangat besar yang berbeda dengan ukuran ikan mas ada umumnya.
Para pengunjung dapat bercengkrama dengan ikan-ikan tersebut dengan cara memberikannya makanan. Di sekitar kolam terdapat pilihan makanan ikan yang dijajakan kepada pengunjung. Sangat lengkap paket wisata di tempat ini. Selain melihat kegiatan spiritual, berendam di air suci dan ditutup dengan bermain di sisi kolam yang dipenuhi oleh ikan mas yang saling berebutan makanan.
Ritual Keagamaan di Pura Tirta Empul
Sebagai rumah peribadatan Umat Hindu, Pura Tirta Empul ini setiap waktu-waktu tertentu diadakan ritual pemujaan yang dilakukan oleh pengelola Pura dan beberapa umat hindu. Sudah menjadi pemandangan yang lazim di Pulau Bali, ketika melihat kegiatan spiritual yang begitu khuyusu dengan syair-syair kitab suci yang ditujukan kepada pencipta alam semesta. Begitu halnya di Pura Tirta Empul ini, terlihat beberapa umat hindu sedang melakukan ibadah rutin sebagai bentuk penghambaan kepada para Dewa. 
Pada perayaan hari-hari besar keagamaan umat hindu, Pura Tirta Empul akan dipadati oleh ratusan umat hindu melakukan sembahyang. Pada saat tersebut biasanya, pura untuk sementara ditutup untuk kunjungan masyarakat umum yang ingin berwsisata.
Suasana di Pura Tirta Empul ini begitu harmonis dan selaras dengan suasana alam sekitar. Rimbun dan teduhnya pepohonan serta suara gemericik air sungai menambah nuansa alami saat berkunjung di tempat ini.
Pura Tirta Empul
Penataan bangunan di Pura Tirta Empul memperlihatkan sentuhan yang apik dan sangat mencirikan budaya bali tradisional yang elegan. Meski tidak sebesar bangunan pura di tempat lainnya, desain bangunan Pura ini sudah cukup merepresentasikan semua wujud simbol peribadatan. Ornament-ornamen pada tiap bangunan dibentuk sangat artistic dengan ukiran seni khas bali yang menjadikan bentuk kesempurnaan sebuah tempat pemujaan.
Pengunjung dapat mengitari seluruh area pura dan menyaksikan lebih jelas hasil kreatifitas seniman bali yang diwujudkan dalam rumah ibadah tersebut. Ada beberapa tempat yang diberi batasan untuk pengunjung diaman bangunan tersebut sangat disucikan dan disakralkan. Hanya pihak pengelola saja yang bisa memasukinya, sementara pengunjung cukup melihat dari area pelataran saja. 
 

Pura Tirta Empul merupakan warisan sejarah yang penuh dengan legenda. Hingga kini, Pura Tirta Empul menjadi salah satu destinasi utama pariwisata di Pulau Bali. Keunikan tersendiri disajikan ditempat ini dimana pengunjung akan mengikuti ritual mandi air suci. Sebuah pengalaman wisata yang jarang ditemukan di tempat lain di Pulau Bali. Semoga Tulisan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita tentang pariwisata Indonesia, khususnya di Pulau Bali.
Wonderfull Of Bali...!!!   Pura Tirta Empul..!!!

Penulis : Muhammad Dagri Nizar
Baca Juga :


Kerajinan Perak Celuk The Monkey Forest Nusa Dua
Pura Puseh Batuan Arjuna Krishna Tanah Lot
Garuda Wisnu Kencana Pura Luhur Uluwatu Monumen Bom Bali
Bedugul Legian Pantai Pandawa
Istana Tampak Siring Tirta Empul Pantai Sanur
Kintamani Resort Pura Pasar Agung Gunung Agung

No comments:

Post a Comment

Flag Counter