Home » , , , » Tanah Lot - Bali

Tanah Lot - Bali

TANAH LOT - TABANAN, BALI

Legenda berkisah, sekitar Abad Ke 16, dengan kekuatan spiritual, Dang Hyang Nirartha memindahkan bongkahan batu karang ke tengah laut. Ada sinar suci dari arah laut selatan bali yang dilihat sebelumnya, Ia pun mencari, sampai tiba di sebuah desa bernama Desa Beraban. Mulailah ia bersemedi diatas batu yang konon berbentuk seperti Burung Beo.
Bongkahan batu yang dipindahkan ke laut tersebut yang kini diberi nama Tanah Lot yang artinya batu karang yang berada di tengah lautan. Pura Tanah Lot adalah salah satu Tempat Ibadah Umat Hindu yang sangat disucikan di Bali, Indonesia. Pura Tanah Lot merupakan pura laut tempat pemujaan dewa-dewa penjaga laut.
Pura Luhur Penataran - Tanah Lot
Perjalanan ke Pura Tanah Lot ditempuh dengan jarak yang cukup jauh dari Kota Denpasar. Butuh 2 jam lebih untuk sampai disini, terlebih lagi jika sepanjang jalan terjadi kemacetan arus lalu lintas. Karena lokasinya yang cukup jauh, biasanya paket tour wisata menempatkannya pada kunjungan terakhir saat mendekati sore.

 Lokasi Pantai Tanah Lot

Pelataran Pantai Tanah Lot
Tidak lengkap pastinya, jika berada Bali, tidak berkunjung ke Pantai yang memiliki pemandangan memukau dan elok. Pantai Tanah Lot sudah mendapat pengakuan internasional sebagai salah satu objek wisata terpopuler di dunia. 
Pantai Tanah Lot - Tabanan, Bali
Tampilan alam Tanah Lot sudah membahana di seantero dunia. Panorama laut dan pantai karang merupakan sajian yang memanjakan mata. Pesona pantai karang dengan tebing laut menjadi daya pikat dari berbagai penjuru untuk bertandang kesini.
Pemandangan Pantai Tanah Lot
Tanah Lot merupakan sebuah wilayah pesisir pantai karang. Letaknya di Desa Beraban, Tabanan, Bali. Posisi pantai ini berahadapan dengan Laut Bali yang bersebrangan dengan daratan Jawa Timur. Selain sebagai destinasi wisata unggulan di Pulau Bali, Tanah Lot juga memiliki dua buah Pura yang sangat disucikan oleh Umat Hindu. Pada saat perayaan keagamaan, tempat ini akan disesaki oleh ratusan umat hindu untuk melakukan ritual peribadatan. Saat itulah, jumlah pengunjung akan membludak guna menyaksikan secara langsung proses upacara tersebut.
Pura Tanah Lot
Begitu besar animo wisatawan untuk dapat menginjakkan kaki di Pantai pesisir karang ini. Baik pelacong mancanegara dan domestic tidak hentinya membanjiri lokasi ini. Tampilan eksotik Pantai Tanah Lot yang sering kita saksikan pada gambar-gambar di berbagai media, yang menggugah rasa penasaran orang untuk melihat langsung wujud aslinya.
Pesisir Pantai Tanah Lot
Pantai ini membentang sejauh 1,5 Km dari utara ke selatan. Karakteristik bebatuan karang mendominasi seluruh permukaan pantai. Tidak ada permukaan pasir di pantai ini, yang ada hanya hamparan batu yang membentuk sebuah pelataran yang sangat luas. Dipelataran inilah tempat berjubelnya ratusan manusia. Lalu lalang manusia silih berganti memenuhi area datar ini. Mereka tak perduli dengan medan yang basah dan lembab.

Pesisir Pantai Tanah Lot
Lalu lalang manusia tak terhitung jumlahnya di hamparan pelataran batu ini. Masing-masing terlihat menyibukkan diri dengan kegiatan wisatanya. Meskipun pijakan batu seluruhnya bergelombang, namun itu tidak menyurutkan orang-orang untuk menyusuri seluruh sisi pantai ini.
Pantai Tanah Lot
Baik tua dan muda, remaja serta anak-anak ,semuanya berkerumun di medan yang lembab dan basah ini. Sesekali, arus ombak pecah menghantam karang di ujung pesisir, saat itu pula hempasan air laut berhamburan ke daratan yang terkadang membasahi pengunjung yang berada di tepian. Sontak, mereka kegirangan dan berteriak sambil mengabadikan moment tersebut dengan kamera yang tidak henti hentinya berkutip.
Menuju Sunset di Pantai Tanah Lot
Menatap jauh ke barat samudera, terbentanglah lautan yang luas. Semilir angin dan deburan ombak silih berganti bertiup di pesisir karang ini. Diseluruh penjuru nusantara, tentulah banyak akan ditemui karakteristik pantai seperti ini. Namun, inilah Bali, Segalanya akan bernilai wisata jika berada di Pulau Dewata ini.
Tepi Pantai Karang Tanah Lot
Bentuk dasar pantainya menyerupai Pantai karang di ujung Pantai Parangteritis. Tidak ada hamparan pasir, yang ada hanya karang laut yang bergelombang. Dibutuhkan kehati-hatian dalam berpijak di batu ini. Permukaannya yang tidak rata serta sedikit licin dapat mengakibatkan orang terpeleset. Beberapa tanda larangan terpajang dibeberapa sudut pantai ini. 
Tepi Pantai Karang Tanah Lot
Larangan tersebut dimaksudkan agar pengunjung tidak jauh beraktifitas kearah lautan karena gelombang dan arusnya bisa menyeret siapapun yang berada diatasnya. Di pantai ini juga tidak diperkenankan untuk Berenang atau beraktiftas di tengah laut. Alasan keselamatanlah yang membuat pengelola pantai menerapkan aturan ini.
Gemuruh Ombak di Pantai Tanah Lot
Gemuruh ombak tak henti-hentinya menderu. Ia terbawa hempasan arus di sisi barat pulau bali ini. Saat mendekat ke tepian ia membuih dan memutihkan permukaan karang. Dari kejauhan tampak birunya laut ditengah ketenangan samudera. Terlihat samar, daratan Pulau Jawa yang jauh disana.. Begitu luasnya samudera, pertanda kebesaran Sang Pencipta.
Pura Tanah Lot
Sebuah bongkahan batu karang besar adalah simbol dari Pantai Tanah Lot. Batu inilah yang diceritakan oleh sejarah yang konon dipindahkan oleh Dang Hyang Nirartha ke tengah laut. Diatasnya terdapatlah sebuah Pura yang menjadi tempat yang sangat disucikan oleh umat hindu di Bali.
Pura Tanah Lot
Letak pura tersebut sesungguhnya terpisah dengan daratan. Saat air pasang, ia seakan terpisah oleh lautan. Hanya saat air surutlah semuanya menjadi terhubung. Untuk mencapai bongkahan batu tersebut hanya berjarak 50 meter saja dari ujung pantai.
Wisatawan di Tanah Lot
Pengunjung hanya diperkenankan sampai disisi bawah Pura saja. Hanya pihak pengelola Pura Tanah Lot, yang bisa masuk kedalam area Pura. Tepat di sisi bawah bongkahan karang ini, terdapat sebuah Goa kecil. Banyak pengunjung dan peziarah yang menyempatkan diri untuk meminta air suci dari seorang Pemuka Agama yang berada di depan Goa tersebut. Konon kabarnya air suci itu dapat mengobati penyakit dan menjauhkan dari masalah-masalah kehidupan.
Pelataran Pura Tanah Lot
Keriuahan manusia semakin bertambah saja saat hari yang semakin sore. Ramai manusia tak terhitung jumlahnya. Mereka bertebaran di seluruh permukaan pantai karang ini. Tak perduli air laut yang terkadang membasahi pakaian mereka.
Pelataran Pura Tanah Lot
Dari berbagai penjuru dunia terlihat tampak disini. yang berambut pirang, berbadan besar, rambut ikal, bermata sipit, yang memakai sorban dan berbagai bentuk ciri khas yang menandakan turis mancanegara. Semuanya bercampur dalam suasana keramaian pantai Tanah Lot.
Keseruan di Pantai Tanah Lot
Pulau Dewata adalah anugerah untuk Indonesia. Namanya sudah begitu mendunia. Seluruh penjuru pasti sudah pernah mendengar tentang keindahan dan keelokan Pulau Bali. Dengan menyandang status tersebut menjadikan apa yang berada di tanah Bali, menjadi bernilai dan berharga.
Pantai Tanah Lot
Panorama nan indah di pesisir barat Negeri beribu Pura bak lukisan ilahi yang ditorehkan di Pulau Dewata. Saat laut pasang mulai merangkak mengisi celah pantai, Seketika itu terpaan air mengikis kaki pilar-pilar batu pembatas pantai. Air itu menggenangi, bak telaga di tepi laut. Sesaat itu, terlihat di seberang, tampilan Pura begitu mempesona. Ia seperti sebuah istana di tengah lautan yang berdiri tegak diatas singgasana batu yang kokoh dan dikelilingi oleh pusaran air laut.
Pantai Tanah Lot

Menguak segala sisi tentang tanah lot, tidak akan habis-habisnya terungkapkan. Lembar kisah dan sejarah mengawali seluk beluk awal kejadian tempat ini. Perjalanan waktu telah mewariskan sebuah situs sejarah dan budaya para leluhur bali untuk menjadi kebanggaan pariwisata Indonesia. Amazing Of Bali..!!!...Tanah Lot Temple...!!!
Semoga Bermanfaat….!!!

Pantai Tanah Lot - Tabanan, Bali

Penulis : Muhammad Dagri Nizar
Baca Juga :


Kerajinan Perak Celuk The Monkey Forest Nusa Dua
Pura Puseh Batuan Arjuna Krishna Tanah Lot
Garuda Wisnu Kencana Pura Luhur Uluwatu Monumen Bom Bali
Bedugul Legian Pantai Pandawa
Istana Tampak Siring Tirta Empul Pantai Sanur
Kintamani Resort Pura Pasar Agung Gunung Agung

No comments:

Post a Comment

Flag Counter