Home » , , » Pantai Pandawa - Bali

Pantai Pandawa - Bali

PANTAI PANDAWA 
BADUNG - BALI

Panorama alam Pulau Bali telah diakui sejagad raya. Pegunungan dan pantainya menjadi daya tarik yang mampu menarik animo wisatawan dari berbagai penjuru. Pesona Pulau Dewata menjadikannya sebagai gerbang pariwisata Indonesia. Pusat-pusat pariwisata di Pulau Bali sebagian besar berada di Kabupaten Badung, dimana daerah ini berada di wilayah paling selatan Pulau Bali. Nusa Dua, GWK, Pantai Uluwatu, Pantai Kuta dan Bandar Udara Ngurah Rai, semuanya berada di Kab. Badung. Jadi bisa dibayangkan, betapa sibuknya aktiftas pariwisata di daerah itu.
Tebing Pantai Pandawa - Bali
Salah satu tempat wisata yang belakangan mulai populer yaitu, Pantai Pandawa. Bertitel nama pantai yang punya nilai hostoris, pantai ini telah menjadi destinasi yang wajib dikunjungi oleh para pelancong. Meskipun belum sefamiliar Pantai Tanah Lot dan Pantai Uluwatu, namun perlahan Pantai Pandawa telah disejajarkan sebagai tempat kunjungan seperti halnya spot-spot wisata unggulan di Pulau Bali.

Lokasi Pantai Pandawa

Kawasan Pantai Pandawa terletak di Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kab. Badung. Lokasinya berada di balik tebing dan bukit. Dahulunya pantai ini tersembunyi di balik jejeran tebing dan hanya dapat diakses melalui jalur laut. Belakangan, dengan sentuhan investasi dan teknologi, kawasan yang dahulunya pantai tebing batu, disulap menjadi pusat kunjungan wisata pantai yang menyajikan pemandangan berbeda dengan pantai lainya di Pulau Dewata.
Tebing Pantai Pandawa - Bali
Untuk mencapai Pantai Pandawa, hanya dibutuhkan waktu sekitar 40 menit saja dari Bandar Udara Ngurah Rai. Sepanjang perjalanan akan melewati jalur lalu lintas yang sangat sibuk di selatan Kabupaten Badung yang memang banyak berpusat di wilayah ini.
Jejeran tebing setinggi 8 meter sebagai pertanda, anda telah memasuki kawasan Pantai Pandawa. Dahulunya tebing ini membentang luas menutupi akses ke tepi laut, namun kini, tebing-tebing tersebut dibelah dan dibentuklah jalan untuk sampai ke lokasi pantai.
Sebuah jejeran huruf yang bertuliskan “PANTAI PANDAWA” yang menempel di salah satu tebing menjadi ikon dan pertanda "Selamat Datang" bagi semua pengunjung.
Pemandangan Pantai Pandawa - Bali
Dari tempat ini terlihatlah keelokan Pantai Pandawa. Sebuah pantai yang mengahadap bebas ke Lautan Hindia. Tepian pasir yang luas membentang dipermukaan tebing yang berbatasan dengan lautan lepas. Kawasan Pantai Pandawa berbatasan dengan tebing dan bukit yang menjulang sehingga pemandangan pantai dan lautan akan terlihat elok saat berada dari bawah tebing
Pemandangan Pantai Pandawa - Bali
Tempat ini berada di sebuah ketinggian yang berhadapan dengan bentangan pasir Pantai Pandawa. Sebuah kawasan pesisir yang dahulunya terhalau oleh barisan tebing dan bukit yang kini telah dipoles menjadi kawasan wisata unggulan. Jalur jalan aspal berkelok kelok akan menuntun kendaran pengunjung ke area parkir di bawah yang dapat menampung ratusan kendaraan.
Patung Tokoh Mahabharata di Pantai Pandawa
Sebelum menuruni jalan menuju pelataran parkir, pada sisi tebing sebelah kiri, terpampang patung para tokoh Kisah Mahabharata yang sangat legendaris itu. Patung-patung ini menjadi simbol yang memberi kekuatan makna dari nama pantai ini. Pandawa merupakan 5 bersaudara yang menjadi tokoh utama dalam kisah tersebut yang diceritakan berseteru dengan Kurawa yang masih satu ikatan darah.
Patung Tokoh Mahabharata di Pantai Pandawa
Patung 5 Pandawa yaitu Yudistira, Bima, Arjuna, Nakula dan Sadhewa serta Ibunya Patung Dewi Kunti, tegak berdiri sebagai pertanda "Welcome to Pandawa Beach". Keenam patung tokoh kisah Mahabharata ini seakan membawa kita kemasa ribuan tahun lalu, ketika kisah tersebut terjadi. Sebuah legenda yang banyak memberikan makna dan filosofi kehidupan dan banyak diadopsi dalam tatanan kehidupan masyarakat Indonesia khusunya Pulau Bali dan Pulau Jawa
Pelataran Pantai Pandawa - Bali
Ribuan orang akan berkumpul setiap harinya, terutama saat akhir pekan di kawasan pantai seluas 10 Ha ini. Dari ujung tebing sampai ke tepi laut lalu lalang manusia tidak terhitung jumlahnya. Mereka terlihat larut dengan kegembiraannya masing-masing. Sejak pagi hingga petang, keramaian terus mewarnai tempat ini.
Bersantai di Kasebo Pantai Pandawa
Puluhan kasebo dan tempat istirahat tertata rapi menghadap ke keramaian orang di tepi pantai. Beberapa kedai dan warung makan terlihat sibuk melayani pesanan. Aneka makanan dan minuman disediakan baik makanan lokal maupun menu mancanegara. Para turis pun terlihat menyambangi beberapa Kedai coffe dan Bar untuk bersantai setelah bermain digulungan ombak Pantai Pandawa.
Bentangan Pasir Pantai Pandawa - Bali
Bentangan pasir putih semakin terlihat jelas ketika langkah kaki mendekati pantai. Iring-iringan orang melangkah perlahan mendekati tepian. Terpaan tipis angin laut terasa mendinginkan raga setelah berjalan cukup jauh dari pelataran parkir.
Tidak jauh dari tepi pantai akan dijumpai puluhan perahu karet dan kano yang bisa disewa oleh pengunjung. Pengunjung yang tertarik dapat langsung menyewanya dengan tariff yang telah ditentukan.
Terlihat suasana keramaian orang-orang yang lepas kegirangan diatas lautan pasir putih yang lembut ini. Suasana ini sangat menghanyutkan dan membuat orang sejenak melupakan beban rutinitasnya. Memandang birunya lautan diatas lembutnya pasir putih tentunya akan menenangkan jiwa dan perasaan.
Pantai Pandawa - Bali
Petugas penjaga pantai akan memantau aktifitas pengunjung yang berada di laut, baik itu berenang ataupun bermain kano. Beberapa tanda untuk membatasi area terlarang terpasang di jalar puluhan meter dari bibir pantai. Ini untuk membatasi aktifitas pengunjung untuk tidak keluar area. Posisi Pantai Pandawa yang menghadap laut lepas sangat rentan dengan terjadinya gelombang dan badai dikondisi-kondisi tertentu.
Menyusuri Pasir Pantai Pandawa - Bali
Berpijak perlahan menyusuri lautan pasir sungguh sangat menyenangkan, apalagi tak beralas kaki. Akan berbeda rasanya berjalan dengan hanya beralaskan telapak kaki. Kehangatan dan kelembutan memberi kesan telah berada di pesisir pantai. Orang-orang begitu kegirangan dan tertawa lepas berpose sesuka hati dengan latar pantai dan warna merah selaras kasebo.
Pantai Pandawa - Bali
Disepanjang hari, keramaian semakin saja bertambah. Dari berbagai penjuru wilayah di Indonesia dan mancanegara membaur dalam keriuhan suasana di ujung selatan Pulau Dewata ini. Tidak hanya untuk berenang orang-orang datang ke tempat ini. Melihat lautan yang membiru serta gemuruh riak gelombang, rasanya sudah cukup untuk memuaskan batin mereka
Pantai Pandawa - Bali
Pantai Pandawa miliki bentangan garis pantai sejauh 3 Km. posisinya berhadapan dengan lautan lepas. Meskipun demikian, kondisi lautnya layak untuk berenang dan beraktiftas di laut. Ombak dan arusnya pun cukup bersahabat sehingga orang-orang begitu nyaman bercebur dan berendam. Namun pada kondisi tertentu seperti pada puncak angin timur dan angin barat, pihak pengelola akan melarang aktifitas pengunjung di laut karena dampak gelombang akan sangat beresiko bagi keselamatan.
Pantai Pandawa - Bali
Pengunjung sangat leluasa bergerak bebas dan menyisir seluruh sisi permukaan pasir ini. Terus berjalan seperti tak berhujung. Begitu luasnya, sehingga sulit untuk mencapai semua tempat. Melihat kejauhan hanya terlihat hamparan pasir putih dan keramaian pengunjung yang kian berdatangan terlebih lagi saat memasuki senja. Disaat itulah pemandangan lautan akan terlihat elok saat langit dan lautan berubah jingga dan perlahan memasuki gelap.
Pantai Pandawa - Bali
Cukup melelahkan juga berkeliling dan menjamah luasnya lautan pasir putih ini. Namun pemandangan yang eksotik sontak melenyapkan lelah yang kian terasa di tengah hawa laut yang sejuk pekat saat itu. Di tempat ini adalah ujung paling selatan Pulau Bali yang merupakan pembatas daratan dan Samudera Hindia yang luas membentang.
Pantai Pandawa - Bali
Kalau hanya mencari suasana Pantai, di negeri ini terbentang ribuan kilometer pantai yang indah. Namun inilah Pulau Bali dengan beribu pesonanya yang membuat semua hal yang berada di atas tanah ini menjadi bernilai dan membuat orang penasaran. Menjajaki setiap tempat-tempat indah di Pulau Dewata ini adalah impian semua orang. Berada di atas pasir putih dengan memandang lautan yang biru serta ombak yang mendesir adalah pengalaman wisata yang menyejukkan jiwa.  Semoga Tulisan Ini Bermanfaat...Wonderfull Of Bali…!!!  Pandawa Beach..!! 

Penulis : Muhammad Dagri Nizar
Baca Juga :


Kerajinan Perak Celuk The Monkey Forest Nusa Dua
Pura Puseh Batuan Arjuna Krishna Tanah Lot
Garuda Wisnu Kencana Pura Luhur Uluwatu Monumen Bom Bali
Bedugul Legian Pantai Pandawa
Istana Tampak Siring Tirta Empul Pantai Sanur
Kintamani Resort Pantai Kuta Gunung Agung

No comments:

Post a Comment

Flag Counter