Home » , , » Pusat Kerajinan Perak Gianyar - Bali

Pusat Kerajinan Perak Gianyar - Bali

PUSAT KERAJIAN PERAK
DESA CELUK, GIANYAR, BALI
Berbicara tentang Pulau Bali, tidak akan terlepas dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan seni. Kebudayaan masyarakat Bali tercermin dari kekuatan nilai seni yang melekat disemua sisi kehidupan masyarakat Bali. Berbagai pernak pernik dapat kita saksikan disetiap pagelaran budaya bahkan dikehidupan keseharian warganya. Berbagai macam ukiran, pahatan, lukisan serta kerajinan tangan sepertinya lengkap ada di Pulau ini.
Salah satunya adalah kerajian tangan perak yang banyak dijumpai di Pulau Dewata ini. Pulau Bali dianugerahi tangan tangan terampil masyarakatnya dalam merangkai sesuatu menjadi bernilai. Kerajinan Perak Bali cukup familiar di Indonesia bahkan di Mancanegara. Banyak turis mancanegara dan lokal selalu berkesempatan untuk mengunjungi Pusat kerajian perak yang terdapat banyak disini.

Lokasi Pusat Kerajinan Perak Gianyar

Kami pun menyambangi salah satu Pusat Kerajian Perak terbesar di Pulau Bali yaitu di Desa Celuk, Kecamatan Sukawati, Kab. Gianyar. Lokasinya hanya sekitar 1 jam dari Bandara Ngurah Rai dan sekitar 30 menit dari Kota Denpasar. Bagi wisatawan yang mengikuti paket tour wisata, biasanya salah satu kunjungannya adalah di Pusat Kerajian Perak Celuk ini. Menyadang status sebagai desa wisata, tentunya Desa Celuk dengan pusat kerajinannya akan menjadi destinasi para pelancong untuk melihat langsung sentra pembuatan kerajian perak tersebut.
*******
Sebuah Patung berlapis perak menandakan anda sudah memasuki kawasan pusat kerajinan ini. Saat turun dari kendaraan, anda akan disambut oleh beberapa penerima tamu selayaknya tamu istimewa yang akan berkunjung. Saat tiba, secara spontan seorang guide akan menyambangi anda untuk mengajak berkeliling-keliling di kawasan ini.
Ruang Gallery di Pusat Kerajian Perak Gianyar Bali
Beberapa hasil kerajinan mulai terlihat saat akan memasuki pintu utama. Semuanya dipajang disebuah galeri di beranda depan. Saat belum masuk saja, kita sudah terkesima dengan beberapa karya seni patung di beranda ini. Tentunya didalam sana pasti lebih menarik dan indah.
Ruang Gallery di Pusat Kerajian Perak Gianyar Bali
Semua pengunjung ditempat ini akan diberikan kesempatan untuk melihat-lihat kawasan Pusat Kerajian Perak ini. Baik dari mancanegara dan domestik akan diperkenalkan berbagai macam hasil-hasil kerajinan perak yang diproduksi di tempat ini.
Ruang Gallery di Pusat Kerajian Perak Gianyar Bali
Eksterior bangunan pusat kerajian ini sudah mempertunjukkan kualitas nilai seni yang mumpuni. Beberapa assesoris hasil ukiran di bentangkan di permukaan dinding sehingga menambah ketegasan sebagai kawasan yang memiliki nilai seni.
Pusat Kerajian Perak Gianyar Bali
Pengunjung pun akan mulai dituntun berkeliling ke beberapa ruangan produksi dari kerajinan perak ini. Bangunan ini sangat luas dengan penataan yang artisitik dan menunjukkan nilai seni yang tinggi. Kami pun diberikan kesempatan untuk menyambangi beberapa kegiatan pengrajin di Pusat Kerajinan Perak ini.
Pusat Kerajian Perak Gianyar Bali
Ternyata inilah kesibukan yang terjadi didalamnya. Puluhan pengrajin sedang berhadapan dengan peralatan kerjanya masing-masing. Duduk berderet didepan meja kerja, dengan memainkan beberapa peralatan untuk menghasilkan kreasi perak unggulan. Terihat mereka begitu serius dan tenang “meracik” bahan-bahan untuk diproses dengan berbagai jenis alat yang tersedia.
Melihat Proses Pembuatan Kerajian Perak Desa Celuk
Kami pun berkeliling untuk melihat secara detil proses pengerjaannya. Terlihat masing-masing dari mereka memiliki tugas yang berbeda-beda sesuai dengan fungsi peralatan yang mereka gunakan. Para pekerja dengan seksama memaikna skillnya mengolah bahan-bahan dasar untuk dibentuk menjadi sesuatu kerajian yang bernilai.
Menurut keterangan pengelola, Kerajinan Perak Celuk mulai dikenal sejak sekitar tahun 1976 sebagai daerah penghasil kerajinan emas dan perak berkualitas. Dahulunya, hanya 3 pengrajin saja yang mulia merintis usaha kerajianan ini. Saat itu belum dipasarkan hasik produksinya seperti sekarang. Pada awalnya mereka hanya memajang didepan rumah saja. 

Kini, dengan semakin dikenalnya produk dari Desa Celuk ini, menjadikan produksi semakin meningkat serta pasaran semakin meluas sampai ke mancanegara. Produk kerajian perak dari Desa Celuk ini menjadi souvenir atau cendramata bagi para pelancong yang berkunjung ke Bali. Adapun harga yang ditawarkan berkisar antara 50 ribuan sampai jutaan rupiah. Semua tergantung dari jenis produk yang akan dibeli. Anting-anting dan cendramata kecil umumnya dijual dengan harga antara 50 ribu sampai 200 ribuan. Sementara hasil kerajian seperti patung dijual dengan harga jutaan rupiah.
Proses Pembuatan Kerajian Perak
Melihat debih dekat proses pembuatan kerajinan perak ini, memberikan kami rasa penasaran tentang bagaimana kerajinan ini dibuat sehingga menghasilkan produk yang berkualitas. Bahan-bahan dasar perak dipanaskan bahkan dilebur untuk dibuat menjadi bentuk yang menarik. Motif-motifnya mengikuti selera pasar sehingga dapat menyesuaikan kebutuhan konsumen.
Adapun hasil kerajinan yang dibuat di tempat ini antara lain gelang, kalung, cincin, anting-anting, perhiasan dan beberapa jenis pernak pernik lainnya. Bentuk cendramata lain juga dikerjakan oleh tangan-tangan seni di tempat ini seperti, patung, sendok, garpu dengan kualitas yang berbeda dipasaran pada umumnya.
Melihat Proses Pembuatan Kerajian Perak Desa Celuk
Para pengujung diberi keleluasaaan untuk berkeliling dan melihat dari dekat proses pengerjaan kerajinan ini. Sesekali guide yang menemani kami memberikan penjelasan tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan kerajianan perak ini. Kami pun sesekali bertanya kepada guide dan kepada beberapa pengrajin mengenai proses pembuatan atau proses pemasarannya. Menurut keterangan guide yang menemani kami, “Para pembeli biasanya memesan khusus dalam jumlah banyak, sementara yang dipasarkan secara eceran banyak tersedia di toko toko di sepanjang jalan Desa Celuk ini.
Proses Pembuatan Kerajian Perak Desa Celuk
Berkunjung di Pusat Kerajian Desa Celuk ini, Selain bisa berbelanja langsung, pengunjung juga lebih leluasa mengitari area kerja dari pengrajin. Situasi seperti ini, akan jarang dijumpai ditempat lain. Kami begitu nyaman berpindah-pindah sambil bercengkrama dengan beberapa pengrajin. Dengan demikian, kami sadah mendapatkan visual langsung saat melihat proses kerja dari pemanasan, pemotongan dan pembentukan sesuai motif juga desain, lalu hingga pemanis, penghalusan dan pemolesan. Sebuah pengalaman yang menyenangkan dan memberi pengetahuan bagi kami orang awam saat menyaksikan semaunya secara langsung dan begitu dekat. 
Berkunjung ke Pusat Kerajian Perak Desa Celuk memberikan kami pengalaman dan wawasan baru tentang seni dan kreatifitas khususnya di Pulau Dewata ini. Hasil-hasil kerajianan tersebut tidak mudah untuk membuatnya. Hanya mereka yang “lihai” dan terampil yang dapat mengerjakannya. Sebuah perpaduan antara kreatifitas dan imajinasi yang dituangkan dalam bentuk karya seni yang bernilai. Semoga Bermanfaat...!!!

Pusat Kerajinan Perak Gianyar Bali

No comments:

Post a Comment

Flag Counter