Home » , » Kebun Binatang Gembira Loka - Jogjakarta

Kebun Binatang Gembira Loka - Jogjakarta

GEMBIRA LOKA ZOO - JOGJAKARTA
Banyak pilihan hiburan dan tempat wisata yang dapat dikunjungi di Jogjakarta. Beberapa objek wisata yang ditawarkan merupakan tempat kunjungan yang menyenangkan untuk keluarga dan anak-anak. Tempta wisata tersebut sangat cocok untuk bersantai dan bersenang-senang karena memadukan hiburan dan suasana alam. Objek wisata kebun binatang menjadi alternatif yang tepat untuk memanjakan keluarga terutama saat akhr pekan atau liburan dimana ratusan orang juga ikut meramaikan suasana. Kebun Binatang Gembira Loka adalah salah satu pilihannya. Sebagai kebun binatang terbesar di Jogjakarta, Gembira Loka menghadirkan banyak pilihan-pilihan wisata untuk para pengunjung dari segala umur.
Area Taman di Kebun Binatang Gembira Loka
Penataan lokasi Kebun Binatang Gembira Loka penuh dengan konsep taman. Diseluruh bagiannya terdapat banyak taman dengan dipenuhi pepohonan yang rindang. Kondisi demikianlah yang membuat daya tarik tempat ini dapat memikat ribuan pengunjung setiap minggunya.

Lokasi Gembira Loka Zoo

Sri Sultan Hamengkubuwono adalah yang menginisiasi pembangunan Kebun Binatang Gembira Loka. Tepatnya pada tahun 1933, Sang Raja berkeinginan untuk mempunyai tempat hiburan untuk rakyat dan warga Jogja. Keinginan tersebut kemudian konsultasikan kepada Kohler yang merupakan seorang arsitek dari Austria.
Kebun Binatang Gembira Loka
Barulah pada tanggal 10 November 1953 dapat terwujud pada masa kesultanan Sri Sultan Hamengkubuwoono IX. Sejak saat itu Kebun Binatang Gembira Loka mulai dibuka untuk umum dan terus dipadati oleh pengunjung
Kebun Binatang Gembira Loka
Karena letaknya yang berada ditengah-tengah Jogja, membuat tempat ini mudah diakses dari segala penjuru. Para pengunjung sejak pagi mulai berdatangan baik hanya berdua atau datang berombongan. Gembira loka merupakan tempat kunjungan favorit dengan frekuensi kunjungan terbanyak setelah Istana Kraton Jogja dan Malioboro
Kebun Binatang Gembira Loka
Fasilitas yang disediakan oleh pengelola sangat memberikan kenyamanan bagi pengunjung. Selain area penangkaran hewan, diseluruh sisinya terdapat jalan setapak yang luas dan sangat rindang.
Taman Bermain di Gembira Loka Zoo
Wahana Kebun Binatang Gembira Loka Jogjakarta menyandang status sebagai kebun binatang skala Nasional. Dengan status tersebut, tentunya pihak pengelola wajib menyediakan fasilitas serta sarana dan prasarana penunjang.
Kolam bermain di Gembira Loka Zoo
Sebuah kolam terletak ditengah-tengah kompleks kebun binatang. Berbagai fasilitas dan hiburan disediakan ditengah kolam tersebut seperti Speed Boat, Kereta Air, Perahu Katamaran, Skuter Air, Banana Boat, Perahu Kayu, Perahu Angsa dan berberapa hiburan lainnya.
Penangkaran Gajah Sumatera di Gembira Loka Zoo
Selain fasilitas yang disebutkan diatas, fasilitas untuk satwa tentu harus yang lebih utama. Beberapa binatang dilindungi hampir semua terdapat disini. Seperti beberapa ekor Gajah Sumatera dan Gajah Afrika. Beberapa ekor gajah terdapat di kebun binatang ini. Para pengunjug dapat melihat jelas dari luar pagar pembatas.
Penangkaran Buaya di Gembira Loka Zoo
Dua ekor buaya putih terlihat sedang aktif dalam kandang penangkaran yang cukup luas. Para pengunjung melihat dengan seksama keaktifan buaya tersebut bergerak kesana kemari seakan memberikan suguhan pertunjukan pada pengunjung yang terlihat dari pagar besi yang tinggi dan berlapis. Hewan buas seperti buaya, kandangnya harus dibuat aman bagi pengunjung tidak terjadi hal-hal yang fatal.
Penangkaran Buaya di Gembira Loka Zoo
Sebuah kolam besar terdapat di tengah-tengah kandang buaya. Sebagai hewan ampibi, buaya harus dekat dengan air untuk mendinginkan suhu tubuhnya yang berdarah panas. Sesekali terlihat penjaga kandang melemparkan sesuatu ke dalam kandang. Tentunya yang dilemparkan itu adalah makanannya. Buaya adalah hewan pemakan daging yang termasuk predator buas. Terlihat seekor ayam yang telah disembelih dilahap sekejap dalam sekali telan kedalam mulut buaya tersebut.
Penangkaran Kanguru di Gembira Loka Zoo
Satwa “impor” juga dipelihara disini. Salah satunya adalah beberapa ekor Kanguru. Hewan khas Australia ini didatangkan dari negeri tersebut untuk menambah koleksi hewan di Kebun Binatang Gembira Loka.
Penangkaran Harimau Siberia di Gembira Loka Zoo
Harimau Siberia merupakan satwa yang paling primadona di kebun binatang ini. Puluhan pengunjung memadati disepanjang pagar pembatas. Harimau Siberia merupakan satwa liar yang berasal dari pegunungan Siberia di timur Benua Eropa.
Penangkaran Harimau Sumatera di Gembira Loka Zoo
Terdapat juga Harimau Sumatera dan Harimau Bengal yang kandangnya berseblahan dengan harimau Siberia. Kedua hewan tersebut adalah pemangsa yang paling buas. Hewan pemakan daging ini sangat berbahaya sehingga tingkat keamanan di kandangnya berlapis-lapis. Seperti halnya hewan pemakan daging lainnya dikebun binatang ini. Harimau sumatera setiap harinya menghabiskan puluhan kilo daging. Tentunya dengan kondisi demikian membuat pihak pengelola harus menyiapkan stok daging untuk memenuhi kebutuhan si pemangsa ini.
Penangkaran Simpanse di Gembira Loka Zoo
Hewan dari afrika lainnya yang terdapat di kebun binatang ini adalah Simpanse. Kerabat dekat kera ini ditempatkan disebuah area yang cukup luas dan terbuka. Puluhan ekor simpanse ditangkarkan disini. Menurut informasi, mereka sudah banyak berkembang biak dan menghasilkan banyak keturunan. Desain kandangnya pun disesuaikan dengan habitat aslinya. Terdapat banyak gantungan yang disediakan untuk hewan pemanjat ini.
Penangkaran Belibis di Gembira Loka Zoo
Di salah satu sudut taman gembira loka terlihat beberapa ekor Burung Belibis sedang asik-asiknya bermain di tepi kolam. Beragam warna hewan tersebut menjadi keunikan tersendiri. Jenis burung ini terbilang langka dan khusus didatangkan dari cina untuk menambah koleksi kebun binatang gembira loka ini.
Penangkaran Nuri di Gembira Loka Zoo
Di kompleks penagkaran burung. Berbagai macam burung dilindungi dapat pengunung saksikan di tempat ini,. Beberapa jenis Elang, Kakatua, Merak, Kasuari, dll. Salah satu satwa yang menarik perhatian yaitu burung nuri. Ada berbagai jenis nuri disini. Semuanya juga terdapat beragam warna dan corak.

No comments:

Post a Comment

Flag Counter