Home » , » Pantai Parang Teritis - Jogjakarta

Pantai Parang Teritis - Jogjakarta

PANTAI PARANG TERITIS - JOGJAKARTA
Laut selatan jawa menyimpan banyak legenda. Cerita rakyat yang turun temurun dikisahkan dari leluruh hingga saat ini. Jogjakarta dengan keragamannya, budaya serta kearifan lokal masyarakatnya telah mampu memberikan kesan mendalam bagi siapapun yang telah menginjakkan kakinya di tanah Jogja ini.
 
Lokasi Pantai Parang Teritis

Dari ujung utara sampai batas selatan Jogjakarta dianugerahi oleh Yang Maha Kuasa simbol-simbol kebesaran alam, simbol sejarah, warisan budaya, tanah yang subur, dan kehidupan masyarakat yang makmur.
Padang Pasir Pantai Parang Teritis
Jogjakarta, negeri yang penuh dengan pesona dan keindahan. Di selatan Jogjakarta, tepat menghadap Samudera Hindia yang luas. Terbentanglah hamparan pasir, bagaikan gurun di pesisir pantai yang terletak diseberang kawasan pantai parang teritis.
Padang Pasir Pantai Parang Teritis
Sepanjang pandangan, hanya lautan pasir yang terlihat. Menikmasti suasana seperti di tengah gurun, mungkin seperti itu yang kami rasa. di tengah mentari yang perlahan bergerak ke ufuk barat, kelembutan pasir ini semakin terasa meringankan langkah kami melewati setiap sisi hamparan ini.
Padang Pasir Pantai Parang Teritis
Tidak ada yang terlewatkan selain melepas kegembiraan. Kejar-kejaran, melompat seperti anak kecil yang sedang kegirangan bermain. Berbagai macam pose dilakukan sebegai bentuk perasaan riang berada ditempat yang berpemandangan terbuka seperti ini.
Padang Pasir Pantai Parang Teritis
Begitu bebas…begitu lepas….sebelum memasuki kawasan pantai parang teritis, sebaiknya cobalah singgah sejenak untuk merasakan berada ditengah hamparan pasir ini. Suasana lepas, pasti akan anda dapatkan saat berlari memijak dikelembutan pasir yang begitu luas.
Inilah Gurun Pasir di sisi pantai selatan Jogja yang banyak diceritakan orang. Banyak kegiatan yang biasa dilakukan ditempat ini selain berkeliling-keliling, antara lain bermain seluncur di atas pasir. Beberapa penyedia jasa papan seluncur akan menawarkan kepada pengunjung untuk mencoba meluncur dari atas bukit pasir. Tentunya ini merupakan sesuatu yang unik dan menyenangkan. Bagi yang penasaran pastilah akan mencoba, meskipun tidak mudah melakukannya.
Karena lokasinya yang seakan berada di padang pasir, lokasi ini biasa juga dijadikan sebagai tempat manasik haji bagi Calon Jamaah Umrah dan Jamaah Haji. 
Menyusuri Pantai Parang Teritis
Tibalah kami di tujuan akhir perjalanan hari ini. Sebuah pantai yang penuh dengan cerita dan legenda. Sebuah tempat yang sangat disakralkan dan merupakan simbol spiritual masyarakat setempat.
Saat kami menapakkan kaki pertama kalinya di pantai itu. Sudah terbayang nuansa budaya disepanjang mata memandang. Terlihat ratusan orang sedang gembira dan tertawa lepas menikamti keharmonisan suasan di Pantai Parang Teritis ini.
Pantai Parang Teritis - Jogjakarta
Inilah Pantai Parang Teritis…!! Sebuah simbol sejarah dan simbol pariwisata Jogjakarta. Namanya begitu tersohor dengan legendanya yang melekat pada masyarakat jogja. Bertangan pasir yang membatasi hampir sejauh 5 Km, memberikan suatu panorama yang eksotik. Deburan ombak yang bergemuruh dan menghempas tepian pantai.
Kawasan Hotel dan Villa di Pantai Parang Teritis - Jogjakarta
Pantai Parang teritis merupakan pantai terbesar di Jogjakarta, selain itu terdapat juga beberapa pantai lain dengan panorama yang indah pula seperti pantai parangwedang dan pantai parangkusumo Sebagai objek wisata unggulan di Jogjakarta bahkan di Indonesia, Pantai ini terus mempercantik diri. Berbagai fasilitas sudah tersedia. Terdapat puluhan Hotel dan villa yang terlihat berderet di sepanjang bukit diseberang pantai.
Menyusuri Kawasan Pantai dengan Motor ATV
Para pengunjung dapat mencoba beberapa permainan. Diantaranya adalah motor ATV ini. Cukup dengan Rp. 100 ribu saja, anda sudah dapat menyusuri kawasan pantai ini dengan durasi 30 menit. Dengan waktu tersebut rasanya sudah cukup anda memuaskan diri dengan mengarungi arena pasir ini
Andong di Pantai Parang Teritis - Jogjakarta
Yang menarik di pantai ini adalah puluhan andong yang diperuntukkan untuk pengunjung yang mau berkeliling sampai ke ujung pantai. Saat kami tiba, beberapa kusirnya silih berganti menawarkan sambil merayu kami untuk memanfaatkan jasa andongnya. Kapan lagi kita bisa menaiki andong di parang teritis..?? setelah sepakat dengan harga yaitu Rp. 50 ribu untuk sekali putaran…bersiaplah kami untuk memulai petualangan berkuda…hehehehe
Berkeliling Pantai Bersama Andong
Langkah si kuda begitu semangat seiring hentakan aba-aba dari kusirnya. Melangkah ditengah keramaian ratusan manusia di sore itu. Berjalan tenang dimedan pasir yang ramai dengan aktiftas lalu lalang pengunjung.
Berkeliling Pantai Bersama Andong
Mungkin inilah pengalaman kami pertama menyisir tepi pantai diatas laju kereta kuda. Andong namanya…. Kendaraan itu begitu familiar di Jogjakarta sebagai transportasi tradisional yang masih tetap dilestarikan hingga kini. Parang teritis memberikan berkah bagi aktifitas masyarakat disini, termasuk puluhan andong yang banyak mangkal di seluruh sisi parang teritis.
Andong, Simbol Budaya Jogjakarta
Perlahan langkah kaki kuda terus mengarah ke barat pantai parang teritis. Ia akan membawa kami ke ujung pantai yang banyak dipenuhi karang. Perjalanan ini sangat menenangkan hati saat melihat pasir pantai sepanjang mata, gemuruh ombak yang bergulung lalu merapat ke tepian. Sengatan mentari dari arah barat tak terasakan, buyar oleh semilir angin laut yang terus berhembus

“Saya sudah dua puluh tahun kerja beginian”… tutur Pak Sudir, pengemudi andong kami, sambil sesekali mengarahkan langkah kudanya. Gelak tawa sesekali terlihat dari kami, saat saling bercanda dengan Pak sudir. Kami pun lepas tertawa oleh candaannya, meski terasa sesak duduk berempat berhimpitan di atas kereta ini. Beliau bercerita pengalamannya selama 20 tahun membawa andong. Ia juga menceritakan tentang sejarah dan cerita rakyat tentang parang teritis..mendengar ceritanya, kami pun banyak mendapat pengetahuan tentang segala sesuatu tentang parang teritis.

Berkeliling Pantai Bersama Andong
Andong inilah yang menjadi sumber penghidupan mereka para warga sekitar pantai parang teritis. Keberadaan ribuan orang setiap minggunya tentunya membawa berkah bagi mereka. Dengan bermodalkan seekor kuda, dan kereta dua roda, sepanjang hari mereka memacu langkah peliharaannya ini untuk mendapatkan rejeki.
Menikmati Suasana Pantai diatas Andong
Andong seakan didaulat menjadi ikon tempat ini. Melihat kereta kuda berlari tenang di pesisir pantai, sungguh merupakan pemandangan yang sangat langka di negeri ini. Hanya di parang teritis lah anda bisa melihatnya. Kita seakan terbawa ke masa ratusan tahun yang lalu. Ketika kereta kuda seperti ini menjadi satu satunya transportasi utama di Jogjakarta. Terlebih lagi, kala itu masih masa kerajaan dimana menunggangi kuda menjadi lambang seorang bangsawan.
Begitu tenang sang kuda dijinakkan oleh kusirnya. Ia seperti tahu kodratnya untuk membantu manusia mendapatkan rejeki. Meski harus menghirup aroma laut sepanjang hari, namun si kuda tetap setia menemani sang kusir untuk terus menanti berkah dipesisir jogja ini.

Sang Surya di Pantai Karang - Parang Teritis
Inilah Pantai Karang, yang menjadi akhir perjalanan bersama kereta kuda. Sebuah akhir dari bentangan pasir pantai parang teritis. Hampir seluruhnya dipenuhi oleh batu cadas. Sinar mentari di kala sore itu menampilkan pesona yang memukau mata, saat pancarannya member rona merah di bentangan samudera.
Bermain Ombak di Pantai Karang - Parang Teritis
Hempasan ombak di pantai karang ini sangat deras, berbeda dengan dilokasi pantai sebelumnya. Terpaan ombak begitu kencang saat mendekat, dan saat menghantam tepian yang dipenuhi oleh batu karang. Melompat untuk menghindari basah, adalah pose yang unik untuk menggambarkan keseruan kami disini. Saat gelombang itu mendekat, bersiaplah kami melompat kegirangan.
Bermain Ombak di Pantai Karang - Parang Teritis
Birunya air laut, sontak berubah memutih tatkala mengikis tepi laut yang berbatu… Angin laut tak henti henti berhembus mengisi setiap celah tebing. Perasaan riang dan gembira bercampur aduk melihat suasana pantai yang terus bergemuruh. Entah kapan ia bermula dan kapan ia akan berakhir. Terpaan air ini terus saja mengikis pantai karang ini.
Pantai Karang - Parang Teritis
Sejenak, kita seperti terlupakan oleh hiruk pikuk kesibukan sehari-hari. Pemandangan disini sepintas mengobati duka lara yang mungkin saja sedang kita hadapi diluar sana. Seperti sedang menjalani terapi alam. Keteduhan yang kami rasakan begitu menenangkan kalbu. Jauh menatap ke ujung samudera, hanya biru lautan yang terlihat. Saat kian mendekat ke tepian, ia berubah menjadi gumpalan putih bak kapas yang berhamburan menuju ke tepian
Berkejaran dengan Ombak di Pantai Parang Teritis
Legenda tentang Parang Teritis sudah banyak yang ketahui. Mendengar kata parang teritis, orang pasti akan mengaitkan dengan sosok yang begitu lekat dengan pantai ini. Seorang Ratu yang begitu melegenda namanya sebagai pemegang tahta laut selatan jawa.
Legenda tentang Nyi Roro Kidul begitu melekat dalam cerita rakyat Jogjakarta, khusunya masyarakat di parang teritis. Sosoknya yang begitu disakralkan dan dipuja sebagai Ratu Pantai Parang Teritis. Banyak mitos yang berkembang sejak dulu hingga sekarang tentang keberadaan dan kemunculannya. Masyarakat pun masih percaya bahwa sang Nyi Roro Kidul masih ada namun tidak tampak oleh kasak mata dan hanya orang-orang tertentu saja yang dapat menyaksikan kehadirannya. Oleh karena itu banyak kepercayaan dan pantangan yang masih dijalankan oleh masyarakat sebagai bentuk penghargaan pada penguasa pantai selatan jawa.

Berkejaran dengan Ombak di Pantai Parang Teritis
Pantai Parang Teritis memiliki aturan tersendiri yang wajib dipatuhi oleh semua pengunjung. Di pantai ini Tidak Diperbolehkan untuk berenang atau beraktifitas di laut. Semua itu dilakukan karena potensi bahaya yang bisa ditimbulkan oleh gelombang air yang memang terkenal deras di pantai ini. Peringatan larangan pun sudah terpasang disetiap sudut Pantai Parang Teritis ini.
Melompat Kegirangan di Pantai Parang Teritis
Tidak seperti pantai pada umumnya, Tidak tampak perahu-perahu nelayan yang melintas. Gelombang laut yang tinggi di pantai ini, sangat tidak memungkinkan untuk perahu nelayan berkatifitas. Laut selatan jawa memang terkenal dengan keganasannya. Pantai parang teritis langsung berhadapan dengan Samudera Hindia yang luas dan dalam sehingga sangat rawan untuk melakukan aktiftas menangkap ikan. 
Berkejaran dengan Ombak di Pantai Parang Teritis
Deburan Ombak dan gelombangnya silih berganti bergulung gulung untuk sampai ke tepian. Saat jauh memandang kedepan, begitu luasnya samudera ciptaan Yang Maha Kuasa. Pantai ini adalah anugerah terindah untuk tanah Jogjakarta.
Senja di Selatan Jogja - Parang Teritis
Begitu banyak cerita yang ingin kami tuliskan tentang keindahan sisi selatan Jogjakarta ini. Seakan raga ini tak terpuaskan meski sudah mejejal seluruh sisi pantai, berkejar kejaran dengan ombak, berlarian lepas kegirangan, menyusuri tepian pantai dengan kereta kuda, bermain di padang pasir nan luas dan banyak kegembiraan yang memberikan keteduhan jiwa.
Senja pun akan segera tiba.. dan langit sudah mulai memerah. Perlahan orang-orang sudah sudah beranjak kembali. Keriuhan pun berangusur angsur lengang. Perjalanan ke Parang Teritis akan menjadi catatan yang penuh kesan dan makna.  
Amazing Of Jogjakarta……Pantai Parang Teritis..!!! 

No comments:

Post a Comment

Flag Counter