Home » , , » Pantai Kuta - Bali

Pantai Kuta - Bali

PANTAI KUTA BALI

 
Sebagai salah satu Negara kepulauan terbesar di dunia, potensi lautan dan pesisir pantai, menjadi andalan yang terus dikembangkan, utamanya di sektor pariwisata. Potensi pariwisata pantai di Indonesia sudah tidak bisa diragukan lagi. Bentangan pasir putih yang lembut dengan riak gelombang yang bergemuruh menjadi ketetarikan siapapun untuk datang menikmatinya.  
Pariwisata Indonesia sudah dikenal luas hingga ke mancanegara. Beberapa daerah begitu mendominasi kekuatan parisiwata indonesia yang sejak dulu hingga kini terus dibanjiri pengunjung. Daerah-daerah tersebut memiliki nama dan gengsi bagi siapapun yang akan dan hendak kesana. Salah satu daerah yang menjadi pilar pariwisata indonesia adalah Pulau Bali.

Lokasi Pantai Kuta

Pulau Bali dengan sejuta pesonanya telah mendapat pengakuan dunia internasional sebagai salah satu kawasan wisata terbaik di planet bumi ini. Tidak ada yang meragukan keindahan alam Pulau Bali. Sejak dulu hingga kini Pulau Bali sudah menjadi ikon pariwisata Indonesia yang telah mampu menghipnotis berjuta orang untuk terus bertandang ke pulau dewata ini.
Pantai Kuta Bali
Mendengar nama Pulau Bali, yang terbesit dipikiran kita adalah pantai pasir putih yang indah dan dipenuhi ribuan wisatawan dari segala penjuru dunia. Sontak, nama yang sangat familiar disebut ketika mendengar Bali yaitu Pantai Kuta. Mengapa Pantai Kuta…??? Karena di Pantai inilah cerminan Pulau Bali sesungguhnya. Atmosfer pariwisata Pulau Dewata sangat ditentukan dari Pantai Kuta.
Gerbang Pantai Kuta
Pantai Kuta adalah sebuah tempat pariwisata yang terletak Kecamatan Kuta, Kabupaten. Badung, Bali, Indonesia. Daerah ini merupakan sebuah tujuan wisata turis mancanegara dan telah menjadi objek wisata andalan Pulau Bali. Nama Pantai Kuta sangat identik dengan pariwisata di Bali. Meskipun anda telah mengelilingi seluruh tempat wisata di Pulau Bali, namun tidak sah rasanya jika tidak menyambangi Pantai Kuta.
Gerbang Pantai Kuta
Sebelum menjadi objek wisata seperti saat ini, Kuta merupakan sebuah pelabuhan dagang. Adalah Mads Lange seorang pedagang Denmark yang pada abad Ke-19 yang datang ke Bali dan mendirikan basis perdagangan di Kuta. Dalam buku yang berjudul “Praise to Kuta" yang diterbitkan oleh Hugh Mahbett, telah memberikan inspirasi banyak orang untuk segera membangun fasilitas wisata. Dalam buku tersebut, berisi ajakan sebagai langkah antisipasi ledakan wisatawan yang berkunjung ke Pulau Bali.
Gerbang Pantai Kuta
Cukup mudah untuk mencapai Pantai Kuta. Hanya kurang dari 15 Menit dari Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai, pengunjung sudah akan tiba di kawasan wisata terpadat di Pulau Bali ini. Sebelum mencapai Pantai Kuta, akan dilalui dulu kawasan legian yang terkenal dengan kepadatan aktifitas wisatawan.
Kendaraan pengunjung akan mulai melambat seiring aktiftas wisatawan yang memenuhi ruas dan sisi jalan. Jejeran toko, restaurant, café, bar berderet elok dan elit di sepanjang sisi trotoar. Semakin mendekati pantai, akan semakin ramai saja lalu lalang dan kesibukan orang-orang. Kerumunan Bule-bule diberbagai sudut yang berbusana minimalis menjadi pembeda, yang semakin menegaskan posisi dan gengsi Pantai Kuta Bali.
Kawasan Pantai Kuta yang terus dipadati ribuan manusia setiap harinya, membuat seluruh kendaraan / Bis umum, wajib menurunkan rombongannya di area Central Park yang memang diperuntukkan kepada kendaraan pengunjung Pantai Kuta dan kawasan legian. Dari central parking, dibutuhkan waktu sekitar 5 menit saja dengan menaiki jasa suttle yaitu kendaraan mini untuk menuju ke Pantai Kuta. Disepanjang jalan, pandangan akan dimanjakan oleh gemerlap suasana dan nuansa kota. Keramaian para pelancong memenuhi seluruh ruas jalan. Selang berapa lama, Terlihat kejauhan dari arah pantai, sebuah gerbang besar yang bertuliskan "Pantai Kuta".
Gerbang Pantai Kuta
Ikon utama pantai Kuta adalah sebuah tulisan yang terletak di Gapura selatan pantai ini. Tulisan ini seakan menandakan anda sudah memasuki Pantai Kuta Bali. Tulisan dalam bingkai inilah yang memiliki nilai gengsi tersendiri bagi siapapun yang berpose didepannya. Ada makna dan kebanggan tersendiri yang menjadi bukti bahwa anda sudah menginjakkan kaki di Pulau Bali.
Bentangan Pasir Pantai Kuta
Inilah Pantai Kuta yang banyak diceritakan orang tentang keindahan panorama alamnya. Sebuah tampilan panorama pesisir pantai dengan pandangan birunya laut tersaji disepanjang mata memandang. Keriuhan terdengar dari seluruh sisi pantai. Orang-orang sedang dalam kegembiraannya masing-masing. Dari arah laut sampai ke daratan, suasana riang lah yang tampak. Orang-orang begitu senangnya berlari-lari diatas kehangatan pasir pantai yang cukup hangat saat itu. Nama Pantai Kuta begitu melekat ditelinga orang sehingga mendaulatnya sebagai Ikon pulau bali.
Pemandangan Pantai Kuta
Pantai Kuta memiliki bentangan sejauh 5 Km. Hamparan pasir putih memenuhi seluruh permukaan pantai. Sepertinya tidak ada kelengangan suasana di pantai ini. Setiap orang sibuk dengan kegembiraannya masing-masing. Beberapa turis sedang terlentang dan berbusana pantai. Mereka sedang berjemur, menghadap teriknya mentari. Beberapa lainnya sedang bercanda ria dibawah teduhnya kasebo yang ratusan jumlahnya.
Sembari memandang kelutan lepas. Sesekali akan tampak di angkasa, pesawat udara yang baru saja lepas landas atau akan mengatur posisi untuk mendarat. Dari arah selatan pantai kuta terlihat samar landasan pacu Bandara Ngurah Rai. Cukup dekat memang jarak antara Bandara dan Pantai Kuta, sehingga lalu lalang pesawat terlihat jelas, sambil duduk bersantai diatas pasir ini.
Berkeliling di Pantai Kuta
Sejak pagi hingga malam, ratusan bahkan ribuan orang beterbaran di seluruh sisi pantai kuta ini. Mengunjungi Pantai Kuta bisa dikatakan Wajib hukumnya saat berada di Pulau Dewata. Nama Pantai Kuta sangat identik dengan pulau bali. Bagi pengunjung yang baru pertama kali ke Pulau Bali, nama tempat yang ingin dikunjunginya pertama, pastilah Pantai Kuta.
Tidak mesti dengan tujuan berenang untuk ke tempat ini. Sebagian besar pengunjung banyak yang hanya berkeliling dan melihat lihat lebih detail seluruh sisi pantai kuta. Sejak masuk dari pintu gerbang rasa penasaran akan terus bertambah seiring langkah kaki yang terus menyusuri seluruh sisi pantai
Bukan Bali rasanya tanpa tampilan eksotik. Sepanjang menyusuri Pantai Kuta, janganlah kaget atau ngiler melihat bule-bule yang berbusana minin dan seksi dengan mengenakan bikini. Sudah begitulah pemandangan setiap saatnya disini. Mereka pun tidak begitu risih, karena dalam benaknya adalah mengenakan busana yang tepat di tempatnya yaitu pantai.
Pemandangan busana pantai akan telihat disepanjang menyusuri Pantai Kuta. Saat siang hari, para turis akan berderet terlentang dengan pengalas kain. Mereka ingin merasakan hangatnya mentari tropis yang tentunya berbeda dengan di negara asalnya.
Keramaian di Pantai Kuta
Inilah sesungguhnya daya pikat dari Pantai Kuta ini, yang mampu membuat ketertarikan orang untuk berbondong-bondong memenuhi sisi pantai. Hampir diseluruh penjuru pantai dipenuhi oleh manusia. Melihat suasana keramaian seperti ini, sepertinya sudah cukup untuk memenuhi hasrat dan kepuasan mereka. Setiap menjelang sore, orang-orang akan datang untuk melihat dengan jelas proses pergantian hari, dimana tepat kearah depan matahari akan perlahan lenyap dari pandangan,
Merupakan kepuasan batin tentunya bagi semua orang yang menghabiskan sorenya dengan lepas bebas di pijakan pasir ini. Berkejar-kejaran di pasir, membuat istana pasir, berpose dari segala arah, bercengkrama dan tertawa lepas atau bercebur di laut, adalah pemandangan yang tiap saat bisa kita saksikan ditempat ini.
Deburan Ombak di Pantai Kuta
Gemuruh ombak saling berkejaran menuju tepi pantai. Pasir pantai pun tersapu oleh gelombang tipis yang terus menderu. Bak untaian kapas, putih dan membentang lalu merangsek mendekat ketepian. Langit dan lautan pun seperti bersatu dalam rona membiru. Hempasan angin silih berganti merapat ketepian dan mengibas-ngibaskan pepohonan. Beberapa orang terlihat menyisir sapuan ombak. Tak perduli terhempas air dan membasahi pakaiannya, yang dibenaknya adalah merasakan langsung suasana Pantai Kuta Bali.
Menyusuri Tepi Pantai Kuta
Beberapa lagu dan puisi telah tercipta sebagai penggambaran keidahan dan suasana romantic saat berada di sini. Sulit digambarkan dengan kata-kata untuk panorama yang memukai di Pantai Kuta Bali. Suasana tepi laut begitu memanjakan siapapun yang telah menginjakkan kaki di kelembutan pasirnya.
Pantai Kuta is The Heart Of Bali. Itulah julukan yang tepat untuk bentangan pasir di sisi barat Kabupaten badung ini. Ia menupakan jantung dan nadi pariwisata Bali. Keberadaannya di wilayah pusat aktifitas wisatawan legian merupakan barometer pariwisata di negeri beribu pura ini. Dengan kebesaran nama menjadikan segala sesuatu yang berada di kawasan kuta dan legian menjadi lebih bergengsi dan bernilai ekonomis dan produktif.
Aktiftas masyarakat sangat besar dipengaruhi oleh intensitas wisatawan di kawasan kuta. Di sepanjang pantai kuta, banyak warga lkcal yang memanfaatkan kehadiran banyak orang ini dengan berdagang dan menawarkan jasa pijat atau massage. Beberapa ibu-ibu dengan mengenakan busana lokal akan berkeliling menawarkan jasa pijat tradisional kepada siapapun pengunjung baik domestik maupun mancanegara. Dibeberapa kasebo juga akan terlihat pemuda berbadan atletis yang merupakan instruktur surfing. Mereka siap menjadi pemandu bagi siapapun yang ingin mencoba berselancar di gulungan ombak Pantai Kuta.
Saat Senja di Pantai Kuta
Sungguh damai kurasakan saat itu, melihat jauh lautan yang berhujung kemerahan oleh bias mentari senja. Begitu tenangnya dikala sore itu. Di waktu menjelang malam merupakan saaat yang paling romantis. Terlihat muda-mudi dengan pasangannya berjalan bergandengan menyisir tepi laut. Sesekali ombak tipis memencik dan membasahi kaki mereka. Rona gelap mulai terasa saat mentari sudah lenyap beberapa saat lalu.

Pantai Kuta Bali akan terus memberikan kesan mendalam yang penuh arti bagi semua orang yang telah merasakan keriuhannya. Pantai Kuta sebagai jantung pariwisata Pulau Bali memberikan sebuah catatan bermakna di benak setiap orang yang telah berpijak di kehangatan pasirnya. Gemuruh ombak, desiran angin, keramaian ratusan orang dari segala penjuru dunia akan menjadi memori yang tak terlupakan dihati semua orang yang telah berkunjung di tempat ini. Semoga Tulisan ini bermanfaat…The Heart Of Bali…..Kuta Beach..!!!
Pantai Kuta Bali

Penulis : Muhammad Dagri Nizar
Baca Juga :


Kerajinan Perak Celuk The Monkey Forest Nusa Dua
Pura Puseh Batuan Arjuna Krishna Tanah Lot
Garuda Wisnu Kencana Pura Luhur Uluwatu Monumen Bom Bali
Bedugul Legian Pantai Pandawa
Istana Tampak Siring Tirta Empul Pantai Sanur
Kintamani Resort Pantai Kuta Gunung Agung

No comments:

Post a Comment

Flag Counter